Featured Post

We'll Be Back Yogyakarta

Yogyakarta, kota dengan sejuta kenangan dan ke sana kami akan segera kembali.  23 Maret 2024,   Banyak sudah yang kita lalui setiap harinya, entah ce…

Sekolah Leader, Tempat Belajar Para Calon Leader Hebat (Part II)

Sekolah Leader Batch 2
Laporan Hari Ke 2


Pagi ini Bandung mendung, sudah hujan sedari tadi subuh. Sementara saat tulisan ini mulai dibuat, waktu sudah menunjukkan pukul 07.57 wib. Aku baru aja selesai dengan satu artikel review di You Tube, sekarang mari kita lanjut masuk ke kelas yang kemaren aku tongkrongin.

Iyes, kelas Sekolah Leader Batch 2.

Hari ini, materi tetap dibagikan tepat jam 07.00 wib. Materi disampaikan langsung oleh teh Indari Mastuti dan masih membahas mengenai “Penggalian Diri”. Bahasan lengkapnya tentang;

“Apa yang membedakan jaringanku dengan jaringan lainnya dan Apa keistimewaanku dan jaringanku di mata orang lain”

Sebelum aku dengerin Audionya...mari kita intip dulu, tugas apa aja yang dikasih hari ini. Btw, kemaren juga sempet intip jawaban dari tugas hari pertama dan jawabannya seru-seru...ada satu yang aku suka, katanya ia adalah tipikal leader yang somplak..hahahh..

Nih, bocoran tugas hari ini yang harus para leader kerjain;

  1.  Apa yang membedakan jaringan Anda dengan jaringan lainnya saat ini?
  2.  Apa ide Anda selanjutnya yang akan membuat jaringan Anda terus bertumbuh menjadi jaringan yang berbeda dibandingkan jaringan yang lainnya?
  3. Setelah melakukan riset di jaringan Anda, Apa keistimewaan Anda di mata mereka
  4. Setelah melakukan riset di jaringan Anda, Apa keistimewaan jaringan Anda di mata mereka?
  5. Apakah Anda sudah melihat kelemahan pesaing terkait jaringan?  Apa yang akan Anda terapkan ke jaringan Anda sehingga menjadi sebuah inovasi baru?

dok.freepik.com

Selanjutnya...mari kita dengarkan Audio yang disampaikan teh Iin, kamu simak yaa lewat tulisan aku.

“Apa yang mebedakan jaringanku dengan jaringan yang lainnya?”

Saat ini, bisnis yang based onnya adalah jaringan, persaingannya sangat ketat. Berbagai inovasi dan keunikan saling bersaing. Baik jaringan yang masih sedikit bahkan jaringan yang memang sudah sangat besar. Selalu ada update dari masing-masing jaringan. Disinilah yang harus leader explore, bagaimana membuat jaringan sendiri berbeda dengan jaringan lainnya.

Maka yang harus dilakukan adalah, mencari tahu apa sih ciri khas yang bisa ditonjolkan oleh jaringan. Tujuannya agar mudah dikenal dan menjadi daya tarik tersendiri dan begitu menjadi mudah diingat. Salah satu contoh misalnya, kentalnya penggunaan digital marketing yang mungkin bisa diterapkan di jaringan Anda.

Semakin unik jaringan Anda maka akan memudahkan orang lain untuk mau bergabung dengan jaringan Anda. Sementara jaringan yang sudah berada di dalam, akan merasa bangga bahwa ia berada di jaringan yang bagus.

Untuk mendapatkan keunikan ini, bisa dimulai dengan mencari tahu dan menggali, apa sih kelebihan Anda dan kelebihan jaringan Anda di mata orang lain. Anda bisa melakukan riset kecil-kecil, di mulai dari jaringan Anda atau orang yang mengenal Anda.

Tips lainnya yang perlu dilakukan oleh seorang leader adalah;
  1.  Perhatikan pesaing Anda. Bukan memata-matai namun memcari tahu apa yang sedang dilakukan oleh pesaing Anda, yang membuat mereka terlihat lebih baik. Temukan juga kelemahan mereka kemudian belajar dari kesalahan mereka. Anda bisa memetakannya, kemudian mempelajari, karena bisa jadi kesalahan yang telah kompetitor lakukan ternyata menjadi hal baik untuk jaringan Anda.
  2. Pastikan mau menerima saran dan kritik yang diberikan jaringan atau orang lain. Seperti spamming, itu bisa dijadikan masukan yang berharga.
  3. Anda harus membebaskan diri dari rasa takut, khawatir, ketika Anda akan melakukan ide baru. Kalaupun ide atau rencana Anda ternyata gagal, sebenarnya itu bukan masalah. Dan sebagai seorang leaer sebaiknya terus sabar serta konsisten melakukan hal-hal di atas (ekplorasi ide dan perhatikan pesaingan)
  4. Buat selalu evaluasi secara berkala dari semua yang sudah Anda lakukan dan membuat perencanaan baru dari ide-ide yang Anda miliki.

Nah, itu dia materi yang disampaikan teh Indari mastuti di hari ke dua Sekolah Leader Batch 2 ini. Intinya, hari ini setiap leader harus menggali diri lagi untuk mengetahui apa sih, keunikan dirinya dan jaringannya.

Setelah selesai dengerin Audio materi teh Iin, di bawahnya tertera Materi 2 yang disampaikan oleh Leader Indscript, Euis Marlina yang omzetnya saat in dikisaran 70 jutaan perbulan hanya dari kelas Canva yang ia bina.



Teh Euis ternyata bukan membagikan materi, namun membeberkan jawaban atas tugas yang diberikan. Ini seru banget...baca deh dengan seksama...

1. Apa yang membedakan jaringan Anda dengan jaringan lainnya, saat ini?
"Saya berusaha menanamkan kerjasama antar tim marketer, selalu berusaha fast respon dan menemukan solusi terbaik untuk semua permasalahan tim marketer saya."

2. Apa ide Anda selanjutnya yang akan membuat jaringan Anda terus bertumbuh menjadi jarikngan yang berbeda dibandingkan jaringan yang lainnya?
"Marketer saya akan mendapatkan flyer pertama dari saya, sehingga mereka bisa share lebih cepat. Saya juga mengajarkan tim untuk membuat desain flyer profile dengan Canva. Dan hasilnya akan saya posting di channel saya "Dunia Canva.""

3. Setelah melakukan riset di jaringan Anda, Apa keistimewaan Anda di mata mereka?

Di sini teh Euis screenshoot hasil riset ke jaringannya. Dan ini jawabannya;

"Mba Euis itu baik, fast respon, kalau ada kendala siap bantu, leader yang patut dicontoh."

Yang lainnya menjawab, kalau teh Euis itu...

"Low profile, fast respon, selalu menenangkan saat ada kendala atau mis, selalu memberikan solusi dengan bijak, mau menerima masukan dari tim, yang pasti nyaman.”

Masih ada beberapa jawaban lagi yang menyatakan bahwa teh Euis ini memang leader yang ramah dan bikin nyaman.

4. Setelah melakukan riset di jaringan Anda, Apa keistimewaan jaringan Anda di mata mereka?

Hasil jawabannya tim marketer teh Euis juga di screenshoot, apa kata mereka?

“Ada tambahan banyak ilmu, kompak, full support buat marketernya.”

“Kompak sangat, persahabatan yang disuguhkan luar biasa, membuat saya merasa sangat dekat walau jauh di mata.”

Kemudian diakhir materi 2 ini, teh Euis juga menyampaikan bahwa,” yang membedakan jaringannya dengan yang lain salah satunya adalah fasilitas belajar Canva.”

“Ketika kita sudah bisa menemukan kekuatan atau kelebihan diri. Maka itu yang bisa kita terapkan atau ajarkan kepada jaringan kita, sehingga jaringan memiliki kelebihan yang sama dengan kita. Itulah yang menjadi ciri khas jaringan saya.” (Euis)

dok.freepik.com

Mantap kali ya materi yang dishare hari ini, dan kelas terus berlanjut dengan membuka sesi pertanyaan. Kemudian beberapa leader juga sudah mulai mengerjakan tugasnya. Dan yang menarik, tugas-tugas yang sudah dikerjakan tidak hanya diterima begitu saja, namun akan dibahas satu persatu. Terkecuali bila tugas leader yang satu dengan yang lainnya memiliki jawaban yang sama.

Orait, nggak sabar nunggu hasil liputan hari ketiga besok, jangan lupa buat balik lagi ke blog ini ya. Siapa tahu setelah ini, kamu terinspirasi buat jadi seorang leader yang memimpin jaringan besar. Btw, jaringan itu nggak berarti bisnis yang hanya menguntungkan leader atau orang yang ada di atasnya lho, apalagi kalo setiap member di jaringan itu ternyata jadi lebih hebat dan lebih bertumbuh bahkan bisa membentuk jaringan lain di bawahnya.

Konsep jaringan ini, nggak melulu tentang bisnis MLM, tapi juga bisa digunakan untuk merekrut reseller yang membantu Anda untuk memasarka suatu produk. Produknya sendiri bisa produk yang sudah teruji atau justru produk yang Anda produksi sendiri.

Sudah bisa dibayangkan kan, segimana omzet yang bakal kamu dapet kalau ternyata kamu bisa jadi seorang leader hebat di atas sebuah jaringan yang juga sama hebatnya. Kuy! Jadi Leader!

#SekolahLeader #Insdcript

Lita Widi H
Hey! Welcome to My Blog

Related Posts

Post a Comment