Tidak Hanya Membuat Makanan Jadi Sedap, Daun Oregano Ternyata Punya Segudang Manfaat

dok. blog.regopantes.com

Aku yakin banget kalau kamu tahu pasti apa itu oregano. Apalagi kalau kamu orang yang suka masak makanan-makanan Italiano. Pasta, pizza dan lain sebagainya pasti masukin bumbu yang satu ini sebagai bahan wajibnya.
Oregano sendiri biasanya digunakan fresh atau yang udah dikeringin. Keduanya sama sedepnya. Cuma kalau di Indonesia sendiri kayaknya memang jarang nemuin herbs ini secara segar kecuali mereka yang memang nanem pohonnya.
Tapi, tahu nggak sih kamu?
Kalau ternyata oregano ini masih punya segudang manfaat lain bahkan lebih dari sekadar dugaan. Cari tahu, yuk! Apa sajakah kelebihannya...

Kaya Nutrisi
Oregano ternyata mengandung banyak nutrisi seperti Kalsium/, Magnesium, Pottasium, Mangan, Vitamin E, Vitamin K dan kaya akan serat.

dok. sehatq.com

Bisa Mencegah Berbagai Macam Penyakit

Daun yang masih satu family dengan daun mint ini juga mengandung bahan aktif beta-caryophyllin serta kalsium yang bisa membantu mengurangi gangguan pada tulang, seperti osteoporosis. Selain itu, daun ini juga memiliki agen antikanker yang bisa mencegah atau memperlambat perkembangan sel kanker.
Nggak cuma itu, si daun wangi yang juga dibikin kapsul ini bisa digunakan buat pengobatan tradisional, kalau kamu mengalami pilek, hidung tersumbat, sakit tenggorokan sampai bronkhitis. Kalau kamu juga pernah ngerasain mual berkepanjangan, menghirup aroma daun ini juga bisa menjadi obat yang mujarab.
Kandungan lain dari oregano adalah terdapatnya kandungan asal lemak Omega 3 yang bagus banget buat kesehatan jantung, buat menyeimbangkan kadar kolesterol sampe buat ngejaga kesehatan ginjalnya kamu;. Ada juga penelitian yang mengemukakan bahwa kandungan asam rosmarinat dan timol yang ada di dalamnya bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh, lho! Keren ya!

Antibakteri
Masih ada lagi manfaat oregano yang perlu banget kamu tahu. Kandungan carvacrol alami yang ada di dalam daun ini ternyata memiliki peran sebagai antibakteri juga antiinflamasi yang bisa banget melawan bakteri patogen yang biasanya menjadi biang keladi dari terjadinya keracunan.
Kalau kamu bisa nemuin minyak esensial dari oregano, sebaiknya kamu simpan baik-baik. Karena ternyata, minyak tersebut efektif banget digunakan untuk mengatasi macem-macem infeksi jamur yang bisa kapan aja datang dan menyerang tubuh.

dok.parenting.orami.co.id
Kecantikan
Nah, ini dia nih hang pasti ditunggu banyak perempuan. Berkaitan dengan kecantikan, minyak dari oregano juga bisa digunakan buat mengatasi berbagai masalah kulit, dari mulai kulit berjerawat, kulit kemerahan, bentol, bengkak sampai perihal selulit.
Saking hebatnya daun ini, nggak sedikit produk kosmetik yang pake daun ini karena bisa membantu mencerahkan kulit wajah dan membantu mencegah penuaan dini. Nggak cuma itu, kalau kulit kepala kamu juga berketombe, bisa juga pake minyak essensial oregano untuk nyembuhinnya.

Nah, itu dia beberapa manfaat dari daun oregano yang perlu kamu ketahui. Masih ada satu lagi loh yang perlu kamu tahu, kalau daun ini kamu konsumsi dengan porsi yang cukup bisa banget membantu kamu menurunkan berat badan. Itu karena kandungan carvacrol yang ada dalamnya bisa membantu mencegah penimbunan lemak.
Wah, takjub deh sama daun wangi ini...Kamu coba juga yuk!

Lita Widi H
Hey! Welcome to My Blog

Related Posts

Post a Comment