Ngemil, Boleh Enggak, Sih?

dok.pexels.com

Ngemil itu bagian yang paling sulit aku hindari. Kalau bisa dibilang ngemil itu jadi "my middle name" yang sebetulnya 'pada awalnya' enggak kepengin dikenalin sama anak-anak. 

Tapi kenyataannya jelas sulit lah, secara aku memang enggak terlalu suka makan berat termasuk nasi putih dan ngemil mostly aku lakuin setiap hari. 

Aku juga tipikal yang suka jajan, apalagi di Bandung itu banyak banget penjual kaki lima yang jual makanan camilan yang rasanya enak-enak. Lagi-lagi aku juga enggak izinin anak-anak untuk melakukan hal yang sama. 

Enggak adil? 

Rasanya enggak juga karena dari hasil aku cicip di luar, akhirnya aku coba bikin sendiri di rumah dengan bahan dan cara masak ala aku. 

Setidaknya karena aku sendiri yang olah jadi lebih yakin bahwa makanan ini layak di makan anak-anak. Karena selain bahannya juga pilihan, peralatan masak, juga tangan yang digunakan dalam keadaan bersih. 

Apalagi di masa pandemi gini, stres rasanya mikirin segimana bersihnya makanan di luar sana, yang terpapar polusi karena memang jualannya di jalanan.

Walhasil aku semakin ketat sama apa yang dimakan anak-anak dan keluarga.

Jadi, 

Hampir setiap hari aku pasti ngisi kotak camilan dengan berbagai macam jenis makanan, termasuk buah-buahan dan camilan favorit mereka. 

dok.pexels.com


Ngemil, Boleh Nggak Sih?

Tapi sebetulnya boleh nggak sih ngemil itu? Trus kenapa juga ada istilah ngemil sehat? Apa itu artinya kita harus ngemilnya buah-buahan doang? 

Beberapa kali aku ikut webinar yang berhubungan dengan camilan yang diselenggarakan oleh komunitas Ibu Ibu Doyan Nulis (IIDN) dan Mondelez (perusahaan makanan dan minuman), ngemil itu boleh loh...dan itu sah-sah aja, selama kita memerhatikan beberapa hal, seperti:

- Enggak ngemil di saat tidak lapar 

Kalau kamu enggak ngerasa lapar, ya udah enggak usah iseng-iseng buka toples camilan. Karena begitu buka, biasanya perut auto ngerasa laper dan air liur juga keluar. 

- Porsinya nggak berlebihan

Begitu ngerasa laper, hayuk, buka toples camilannya dan ambil beberapa terus taruh di tempat lain baru dimakan. Jangan tergoda buat bawa toples dalam ukuran besar trus kamu camil di depan tivi atau sambil ngobrol. Walhasil, ngemil yang mustinya bisa sedikit, kamu nggak sadar berhasil ngabisin setoples besar. 

Apalagi kalau ngemilnya sambil ngobrol atau nonton tivi...ini bisa lebih bahaya lagi ๐Ÿ˜

- Memilih makanan yang cukup ringan dan tidak bikin kenyang

Nah, buat yang satu ini, usahain kamu cari camilannya jangan yang berat-berat. Kalo orang bule kan makan roti, kentang goreng, itu tuh bagian dari makan berat, harusnya kamu pun begitu. 

Jangan jadiin roti, kentang, bakso, apalagi soto (meski nggak pake nasi) buat jadi camilan, karena mereka itu semua masuknya ke dalam jajaran makanan berat.

Trus Ngemil Apa? 

dok.pribadi

Cari camilan hari gini banyak koq. Ini juga yang suka aku kasih sama anak-anak sebagai variasi selain buah. 

- Crackers

- Biskuit

- Keju slice

- Cokelat

- Es krim

- Jajanan yang dibuat di rumah, dll.

The Best Solution

dok.pribadi

Terus pernah nggak sih aku kehabisan ide dengan pilihan camilan? Dulu iyaa...ahahhah...apalagi kalau lagi males mikir dan capek.

Beruntungnya, masalah ini kayaknya nggak bakal aku lewatin lagi karena sekarang udah punya panduan yang nggak pernah kehabisan ide dengan menu camilan. 

Bahkan menariknya lagi, olahannya sendiri bisa didapat dari camilan yang biasa aku kasih buat anak-anak. 

Yes, this is it...

http://snacks-desserts.id/ adalah situs milik PT. Mondelez Indonesia yang ngeluarin produk- produk favorit aku sekeluarga. 

Kamu harus coba lihat situs di atas, karena di sana resep yang ditampilan banyak banget dan enggak cuma terbatas sama camilan tapi juga dessert sama makanan berat. Kereeeen! Pasalnya bahan-bahannya ya itu tadi...favorit aku semua. 

Keju kraft semua varian, Oreo yang suka jadi rebutan, Rits favoritnya paksu, Cadbury mah kesukaan semua anggota keluarga. Udah pas pake kebangetan deh ini situs. 

Apalagi tampilannya yang bikin seger di mata. Begitu kamu akses situsnya, warna ungu nan elegan udah langsung nampak di depan mata. Abis itu kamu akan disuguhi berbagai macam pilihan resep yang bisa dipilih sesuai dengan kategorinya. 

Dari setiap resep yang ditampilkan, kamu bisa lihat tingkat kesulitannya, lama bikinnya, sampe step by step pengolahannya yang gampang banget diikutin. 

Trus siapa yang bikin resepnya? Wih, jangan maen-maen, kamu bisa nemuin resep dari tiga selebrity chef ternama di Indonesia, yaitu Chef Norman Ismail, Chef Yackikuka, juga Chef Henji Wong.

Udah deh, komplit, spesial pake telor segerobak๐Ÿ‘„๐Ÿ‘„, kamu bisa dapetin resep menarik di situs tersebut dan jangan lupa, login dan daftar jadi membernya biar nanti bisa dapet notifikasi-notifikasi penting. 

Sekarang aku mau lanjut bikin camilan sempol ayam yang resepnya juga bisa aku dapetin di situs. Mantep...nggak pake jajan lagi camilan ini...







Lita Widi H
Hey! Welcome to My Blog

Related Posts

Post a Comment