Masak, Dapat Uang dan Terkenal

31 comments

Sebagai ibu rumah tangga, masak adalah kebiasaan yang biasa dilakukan. Meskipun sebagian ibu bilang bahwa dirinya enggak suka masak atau memang enggak bisa masak, tapi kegiatan di dapur pasti pernah dilakukan. Meski, cuma masak mie instan atau masak air..😅

Aku sendiri termasuk orang yang suka nguprek di dapur. Perihal enak atau enggaknya hasil masakan yang dibikin, kadang lebih suka tutup mata, hahahah...

Tapi kamu tahu enggak, sih? Kalau sebagian lainnya lebih suka berada di dapur dan mengolah berbagai bahan makanan untuk akhirnya dijual. Wah, ini sih pastinya tahu banget, ya! Apalagi buat kamu yang seneng belanja masakan temen. 

Aku juga sama, sempet memanfaatkan dapur sebagai ladang mencari nafkah dan berjualan makanan dengan resep ala aku. Tapi ya gitu, produksi sendiri, jualan sendiri, pastinya butuh usaha yang besar, termasuk enggak boleh lewat promosi setiap harinya. Cara ini juga yang banyak dilakukan orang-orang di luar sana, mungkin termasuk kamu juga. 

Kali ini, aku mau coba kasih suggest buat kamu, siapa tahu bermanfaat.  Karena buat aku, jelas ini bermanfaat banget. Ada aplikasi yang bisa bantu kamu buat bisa dapetin penghasilan tambahan plus bikin jadi terkenal. 

Widih, auto melek nih, kalau denger penghasilan tambahan, meski mungkin kamu enggan untuk jadi terkenal. Seengaknya, punya penghasilan tambahan bisa menambah semangat hidup, ya kan..heuheu...

Trus apa hubungannya sama masak yang udah aku bahas di atas? Ini nih, karena memang aplikasinya sendiri berhubungan sama masak. Nama aplikasinya Yummy app. 

Eh, tapi ya, jangan balik badan dulu buat kamu yang sama sekali merasa enggak berbakat dan enggak mau ada urusan sama masak-memasak. Masih ada cara mudah buat dapat penghasilan juga di aplikasi ini, tanpa memaksakan diri untuk memasak. Jadi lanjut baca artikelnya, ya!

Tapi, sebelum aku jelasin gimana caranya bisa dapet uang di aplikasi ini, kita cari tahu dulu yuk, apa sih sebenernya aplikasi ini. 


Yummy App
Ini adalah aplikasi resep masakan yang bisa kamu unduh di handphone. Caranya gimana, yuk, cari langsung di Google Play Store dan cari aplikasi. Pastikan aplikasi yang dipilih betul, ya. 

Eh, tapi kok handphone-nya enggak bisa download aplikasinya? Hum, ini pasti karena handphone kamu penuh memorinya dan musti hapus aplikasi lain yang mungkin jarang dipakai. Karena untuk mengunduh aplikasi ini, kamu butuh setidaknya 35 MB. 
Buat kamu yang pake handphone berbasis iOS juga bisa mengunduh aplikasinya di App Store, ya!

Developer Yummy App adalah IDN Media dan yang menarik, aplikasi ini ternyata sudah ada sejak tahun 2016 lalu, bahkan sudah diunduh lebih dari satu juta kali. Wah, itu artinya aplikasi ini memang rekomen. 

Memangnya apa aja sih yang bisa kita lihat di Yummy App ini? Banyak bu....selain resep masakan, ada banyak fitur seru yang bisa kita pakai. Cek, penjelasannya di bawah ini, ya! 

Pssst...ada yang seru setelah tampilan muka aplikasi terbuka, lihat ini!


Hiyaa...blom apa-apa udah disuguhi kek begini. Kalau kamu mau hadiah undian, tinggal ketik "mau" di kolom hitam dan ketuk putar. Kemudian roda hadiah bakal berputar. Begitu berhenti, akan berada di salah satu pilihan hadiah yang secara otomatis akan terisi di kolom yang sudah kamu isi tadi, terus ketuk kirim dan tunggu undiannya yang bakal dilakukan satu minggu satu kali.

Menariknya, undian ini bakal terus keluar setiap kali kamu masuk ke dalam aplikasi. Jadi, semakin sering buka aplikasi maka kemungkinan untuk menang semakin besar. 😍😍

Balik ke fitur yang ada di aplikasi lagi, yuk! 


Home
Di fitur yang pertama, yaitu "Home". Kamu bisa lihat berbagai menu menarik, mulai dari:
- Trending
- Event & Promosi
- Akun Official
- Jelajah Kuliner Nusantara
- Masakan Jatim, Uenak Pol!
- Masakan Padang, Lamak Bana!
- Rekomendasi
- Resep Ide Jualan
- Resep Penjaga Imunitas, dan masih banyak lagi. 

Semua yang kamu temui ini bisa dijelajahi. Mulai dari resep yang lagi jadi trending di aplikasi, sampai menu-menu wajib dan khas dari berbagai daerah. Kamu juga bisa 'follow' akun-akun official-nya Yummy App, yang terdiri atas chef-chef ternama dan mereka yang punya banyak resep menarik. 

Eh tapi jangan lupa cek, lihat di bagian atas kiri aplikasi, kamu udah disapa sebagai chef juga loh...😁

Tulis Resep
Fitur yang kedua adalah Tulis Resep. Begitu kamu ketuk fitur ini, kamu akan lihat form yang bisa kamu isi, kalau mau berbagi resep. Kamu tinggal masukin judul resep, cerita resep (ini semacam deskripsi resep), bahan yang digunakan, sampai cara memasak yang sebaiknya diikuti dengan foto tahapannya. Untuk fotonya sendiri, sebaiknya memiliki ukuran maksimal 1 MB.

Pastikan setiap foto yang diambil jelas, enggak blur, dan sedap dipandang, ya. Setelah semua tahapan selesai, bisa diputuskan apa kamu mau menyimpannya sebagai draft di "Simpan Resep" atau "Upload Resep".


Masak
Fitur yang berada di bagian paling bawah tepat di tengah-tengah aplikasi adalah "Masak". Ini nih, fitur ajaib yang penting banget, apalagi kalau kita lagi keabisan ide buat masak. Apalagi kalau nemu bahan sisa di kulkas.

Dari semua abjad alfabet ada semua, kecuali huruf H, Q, sama X...(hahaha...coba sekalian uji otak, apa bahan makanan yang berasal dari 3 huruf tadi? Tulis di komen ya jawabannya 😁).

Dari fitur ini, kamu disarankan memilih setidaknya dua bahan yang ada, supaya bisa mendapatkan rekomendasi resep. 

Aku juga yakin, kamu pasti pernah kesulitan mengombinasikan sisa-sisa bahan yang ditemui. Such as nih ya, aku ngetik sisa bahan yang aku punya, yaitu bawang putih dan beras merah, walhasil menu yang direkomendasikan Yummy App, seperti ini:


Enggak berhenti sampai di situ, kalau ketuk fitur filternya, kamu akan dikasih pilihan lagi, seperti resep yang dibuat chef-nya Yummy, chef dari komunitas, tipe resep, durasi masak, sampe menu yang berdasarkan porsi. 

Yang enggak kalah serunya, kamu bisa menemukan resep berdasarkan bujet. Kalau uang kamu kurang dari Rp 10.000 pun masih bisa lo, masak enak!

Notifikasi
Pastikan kamu selalu cek fitur notifikasi yang berbentuk lonceng ini, untuk mengetahui ada pemberitahuan apa aja untuk kamu. 

Pastikan cek ya, siapa tahu ada pengumuman pemenang, xixixixi...


Akun
Nah, ini dia salah satu fitur yang juga enggak boleh kamu abaikan. Di fitur ini, sebaiknya kamu ubah profil dan persyaratan , yang wajib diisi kalau mau dapat penghasilan. 

Aku juga ubah foto biar nanti pas masuk lagi ke dalam aplikasi, chef Lita udah punya foto. Biar nambah pengikut juga...ahahah...padahal belom upload resep sama sekali.

Dari sini, sebetulnya makin keliatan nih, titik terangnya. Dimana kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari Yummy App, tapi sebelumnya yuk, ubah dulu profil akun kamu, caranya juga mudah kok.

1. Buka fitur akun di aplikasi, kemudian ubah profil dengan mengetuk gambar roda yang berada di sebelah kanan. Lengkapi semua data diri.
2. Tambahkan foto buku rekening bank, foto KTP di fitur  "Redeem" yang berada tepat di bawah nama akunmu. Di bagian ini, kamu juga bisa lihat seberapa banyak point yang sudah dimiliki.

Nah, ini dia cara untuk mendapatkan uang di Yummy App
Masih penasaran kan, gimana caranya buat dapetin uang di aplikasi ini. Ada dua cara:

1. Buat Resep dan dapatkan Yummy Point
Cara yang pertama dapetin uang di aplikasi ini, memang didapat dari setiap resep yang kamu bikin dan berhasil di-publish sama Yummy.
Setiap satu resep yang di-publish, itu atinya kamu berhak dapetin 100 Yummy Point yang setara dengan Rp 10.0000. 

Yummy Point, Apa sih?
Uang yang kamu dapat dari aplikasi berupa Yummy Point yang bisa di-redeem ke dalam uang tunai. Di sini gunanya kamu harus mengubah profil, biar bisa menukarkan point tadi.  

2. Bagikan aplikasi dengan kode referal dan dapatkan yummy point 
(note: kamu lihat lagi di gambar terakhir, di situ ada kode referal bertuliskan lita-widih, nah itu dia kode referal yang aku punya. Kamu juga bisa mengubah kodenya sesuai dengan keinginanmu). 

ini dia, nih cara asyik yang kedua dan wajib kamu lakukan, kalau kamu enggak mau dan enggak bisa berbagi resep. Syukur-syukur bisa dilakukan keduanya, makin yummy aja tuh, point yang bakal kamu kantongi. 

Caranya juga gampang, ko, kamu tinggal sebar aja link ajakan (undang teman) yang tombolnya ada di akun profilmu. Berikutnya setelah temenmu unduh aplikasi dan daftar, minta temanmu itu, untuk memasukkan kode referral milik kamu di kolom "Kode Referral" di halaman lengkapi data akun. 

Setelah temanmu berhasil daftar pake kode referral kamu, secara otomatis, Yummy Point akan masuk ke akunmu dan akun temenmu. Terus jumlahnya berapa? Untuk berbagi kode referral ini asyik lo, karena kamu dan temanmu bisa sama-sama dapat 50 Yummy. Adil, kan?
 
Gimana caranya biar Yummy Point jadi uang?
Setelah jumlah Yummy Point kamu mencapai 2500, baru bisa ditukar atau redeem ke rupiah. Caranya:
- masuk ke halaman "Profil".
- Ketuk menu "Dashboard" yang berada di samping foto profil kamu. 
- Masuk ke halaman Yummy Point.
- Selanjutnya pilih jumlah Yummy Point yang mau kamu tukarkan.
- Tekan tombol "Redeem Poin".

Untuk kamu yang baru pertama kali melakukan redeem Yummy Point, biasanya tim Yummy App bakal melakukan pengecekan, seperti KTP dan buku rekening tabungan yang sebelumnya udah di upload di profil kamu. Untuk waktunya sendiri maksimal 7 hari, tapi nggak termasuk hari libur, ya!

Wow, jelas sudah ya, gimana caranya kita semua bisa dapetin uang dari Yummy App ini. Buat resep, bagiin kode referral, atau lakukan keduanya, biar makin gede penghasilan tambahannya. 

Bisa kamu bayangin, kan? Kalau setiap hari aja kamu berhasil upload satu resep aja, setidaknya kamu bisa dapetin 3 jutaan setiap bulannya. Enggak cuma itu, efek dari konsistennya kamu, secara otomatis pasti bikin kamu punya banyak pengikut dan siapa tahu, dari resep unik yang dibikin, kamu bisa jadi seseorang yang terkenal. 😍

Sementara itu, buat kamu yang lagi enggak pegang handphone, bisa juga lihat di web browsernya Yummy App. Di websitenya, tampilannya memang sedikit berbeda, tapi tetap nyaman buat digunakan. 

Itu dia cara seru dapat uang dari aplikasi Yummy App. Buat kamu yang doyan masak, beruntung banget nih bisa dapat berkali-kali uang tambahan. Sementara yang enggak suka masak, kayaknya aplikasi ini bakal jadi pemancing yang seru buat mau memulai ngedapur..ahahah...
 






Lita Widi H
Hey! Welcome to My Blog

Related Posts

31 comments

  1. Kusuka tampilan muka terbarunya, Mbak ... ngarep dapat hadiah setelah ikutan memutar tapi gimana caranya itu ya? Diundi apa gimana? Hihi.

    ReplyDelete
  2. wihh masuk aplikasi bisa dapet hadiah jugaaa

    ReplyDelete
  3. Aku kemarin nyoba bikin resep belum berhasil. Ternyata tiap step itu harus ada fotonya. Ntr aku bikin lagi. Semangat!!!

    ReplyDelete
  4. Gegara Yummy App, pagi ini aku eksekusi resep semur daging kentang, sama tumis kangkung super endeussss :D

    Yeayy, makasiii Yummy App! You really save my day :D

    Dan makin hepi, ternyata kita bisa dapat cuan dari Yummy app ini ya
    Mantuuullll!!

    ReplyDelete
  5. saya suka ga pede nih mba kalau misal punya kreasi masakan sendiri. Tapi kenapa engga ya mba upload di Yummy, kan itu akun kita sendiri.

    ReplyDelete
  6. Nah ini ya salah satu kelebihannya Yummy app, bisa menghasilkan uang juga, pasti bikin semangat ibu2 buat lebih semangat masak dan berbagi resep.

    ReplyDelete
  7. Nah, pas banget buat Teh Lita yang suka masak-masak. Eh, aku yang baru pake aplikasi ini aja, betah lihat makanan 🤭 Mudah digunakan juga, ya

    ReplyDelete
  8. Bikin semangat untuk buka terus aplikasi Yummy App dunk ya kalau ada putar roda dan berharap hadiahnya sesuai yang diinginkan ye, Mbak Lit,,,eaaaaa. Anyway busway kayaknya aku lagi pertama ini singgah di blog Mbak Lita. Ahlan Wa Sahlan...eeeh lo eeh gimana itu, wkwkwk.

    ReplyDelete
  9. Aku scroll2 di app ini ada loh yang udah upload resep sampe 1K, mba. Keren banget ya, rajin upload resep. Kebayang doong berapa tuh penghasilannya dari Yummy App.

    ReplyDelete
  10. Wah.. kalu saya jadi pengguna aj deh. Buka aplikasi kalau pas mau masak variatif..

    ReplyDelete
  11. Mungkin dengan bergabung bersama yummy app nenek yang malas masak ini bisa terobsesi jadi rajin berlama2 di dapur.

    ReplyDelete
  12. Wah, ternyata bisa dapet uang juga dari sini ya? Sebagai emak-emak sendu alias seneng duit, saya kok jadi tertarik. 😍

    ReplyDelete
  13. Wah keren banget ya upload resep masakan bisa dapat uang, bisa jadi solusi nih buat yang punya hobi masak, kalau aku sementara nyari ide menu masakan aja soalnya aku suka nih ada fitur yang memberikan rekomendasi ide menu dengan budget murah...hehehe

    ReplyDelete
  14. teh lita, eike juga sdh install yummy app. keren ya teh appnya, banyak resep enak dan praktis

    ReplyDelete
  15. toos mbak lita, aku juga mengandalkan resep resep dari Yummy App buat masak masak di rumah
    resepnya lengkap dan mudah diikuti

    ReplyDelete
  16. hobi memasak memang bisa banget dijadikan tambahan penghasilan ya, mbak. nggak harus dalam bentuk jualan tapi bisa dalam hal berbagi resep kayak di youtube dan instagram dan juga aplikasi yummy app

    ReplyDelete
  17. Aku selalu iri sama orang-orang yang seneng masak dan ahli urusan dapur. Kok kayaknya tangannya ajaib gitu, masak apa saja bisa jadi enak dan gampang banget. aku ini sekedar nguleg lombok aja kok susah, gak halus2 ya... heuheu... Untung memang ada yummy app. enak buat aku yang maunya cari resep serba mudah.

    ReplyDelete
  18. Weeeh ada resep diet food ya? Penting iniiii biar nggak bingung lagi mau masak apa kalau lagi diet gini. Coba cek Yummy App, ah. Makasih, Mbak Lita.

    ReplyDelete
  19. Fiturnya Yummy App emang lengkap dan bermanfaat semua. Bisa dapat penghasilan pula. Seruu.

    ReplyDelete
  20. Yummy app ini keren banget ya mbak, Saya jadi pede Dan pinter masak nih. Karena resepnya beneran detail Dan anti gagal beneran

    ReplyDelete
  21. Judulnya bikin mupeng, ehehe...
    Trus jadi mikir, emang iya ya ga ada bahan makanan berawal huruf H? Eenggg...
    Cuzz, ah. Ngintip aplikasi Yummy juga biar lebih jago masak dan sapa tau dapet cuman :)

    ReplyDelete
  22. Gara-gara ketemu yummy app, aku yang gak suka masak malah pengen jualan jajanan pasar lho mbak. Kaya yang gampang banget bikin resepnya. Yummy nih mantap bener. Resepnya juga banyak.

    ReplyDelete
  23. Keren banget..
    Ternyata inspirasi memasak bisa diperoleh dari Yummy apps plus bisa dijadikan ladang untuk berkontribusi dan menghasilkan yaa..
    Seru banget.

    ReplyDelete
  24. Mantap juga ya bisa dapat duit dari Yummy app, perlu ketekunan buat nulis resepnya dong ya

    ReplyDelete
  25. iya nih
    bikin masakan dengan resep baru, bisa upload konten di yummy dan blog
    mayan banget yak

    ReplyDelete
  26. Wiwin | pratiwanggini.netAugust 30, 2021 at 3:03 AM

    Asyik nih Yummy App. Yang tadinya ga bisa masak, bisa banget nih belajar masak dari aplikasi ini.

    ReplyDelete
  27. Yummy app salah satu jalan untuk menghasilkan uang. Kalau saya milih nulisnya saja, masak sekadar hobi. Belum berani unggah.

    ReplyDelete
  28. aku juga mau dong terkenal di yummy app hehe, tapi belum konsisten nulis resep di yummy hehe

    ReplyDelete
  29. Yummy App gak cuma bisa mem,berikan kita referensi resep masakan yang bervariasi tapi juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan ya

    ReplyDelete

Post a Comment