Masih Cari Bisnis yang Pas? Main Sublim Kain, Yuk!

Sublim Kain di Istana Sublim Bandung
sumber: instagram.com/istanasublim


Sublim di Bandung, ada nggak, sih? Ada banget ... nah, di tulisan aku kali ini, bakal ngenalin kamu sama Jasa Printing Sublim yang lokasinya ada di kota tempat aku tinggal. 


Sebagai manusia, kita pasti punya kebutuhan yang harus dipenuhi. Mulai dari pangan, sandang, hingga papan. Semua kebutuhan tersebut secara langsung maupun tidak, melibatkan banyak pihak, serta berbagai kegiatan. 

Dari aktivitas tersebutlah, akhirnya tercipta sebuah bisnis, yang bisa dikelola baik oleh individu maupun organisasi, sehingga akhirnya, kebutuhan manusia bisa terpenuhi. Sementara pencipta atau orang yang berperan di belakang bisnis tersebut bisa mendapatkan keuntungan. 


Bisnis itu Milik Siapa Saja (Asal Mau)

Aku yakin banget, di tempat kamu tinggal, entah itu berlokasi di kota besar atau pedesaan sekali pun, berbagai aktivitas bisnis bisa ditemukan. Baik itu toko makanan, toko pakaian, toko bahan bangunan, dan masih lagi. 


Bahkan, semua bisnis saat ini, tidak hanya terpatok pada toko fisik dan kegiatan yang langsung berhubungan dengan pembeli. Siapa pun yang memiliki akses internet, bisa memulai, dan memiliki sebuah bisnis. Perubahan teknologi inilah yang memang memudahkan proses manusia menjalankan berbagai aktivitas hariannya. 


Lantas, siapa saja yang punya akses internet? aku lagi-lagi percaya, bahwa semua orang di dunia ini, dari berbagai kalangan, sudah memiliki handphone yang bisa dipastikan akan terhubung dengan jaringan internet. 


Jadi dari sebuah handphone yang sudah bisa mengakses internet saja, sudah bisa memiliki bisnis. Meskipun bisnisnya berjalan dalam skala kecil. Jika sudah begitu, artinya semua orang memiliki kesempatan untuk mendapatkan uang dari bisnis yang dilakoninya. 


Etapi, nyatanya memilih bisnis juga membutuhkan pemikiran yang matang. Nggak sedikit dari kita yang akhirnya memutuskan untuk menjauh dari bisnis karena berbagai alasan, dan salah satunya adalah merasa kesulitan mendapatkan bisnis yang tepat. 


Jujur, aku pun sebetulnya kerap dan pernah menjalani berbagai macam bisnis. Mungkin sama dengan kamu, mulai dari makanan, baju, hijab, tas, dan perlengkapan perempuan lainnya, pernah aku pasarkan. Sukses? mau dibilang sukses banget ya nggak juga, tapi mau dibilang gagal, ya, enggak juga. 


Karena dari bisnis yang sempat dijalankan, bisa membawa aku sampai di titik ini. Sukses kala itu sebetulnya masih di tahap bisa mendapatkan keuntungan, tapi kemudian penjualan sepi dan bisnis langsung ditutup. Itu sebetulnya yang dibilang gagal karena, menyerah sebelum melakukan berbagai strategi. Padahal bisnis masih bisa berkembang, kalau aku mau lebih berstrategi dan nggak nyerah atau banting stir. 


Iya, bisnis itu memang membutuhkan strategi. Namun, sebetulnya bukan cuma bisnis, lo, yang membutuhkan strategi. Karena dalam kegiatan sehari-hari pun, kita dituntut untuk membuat strategi agar kehidupan lebih baik, tentunya. 


Jadi, ya, nggak perlu tutup mata juga kalau denger yang namanya strategi. Meski memaaaang, nggak jarang si strategi ini bikin mumet. Eh, tapi apa sih bisnis yang nggak bikin mumet, semua yang kita lakuin aja penuh risiko, ada aja tantangannya. Jadi sekali lagi, ya, nggak perlu takut dulu, apalagi jalan juga belum, wkwkkwkw...


Bisnis Sublim Wajib Dilirik, nih!


Jum'at 7 Oktober 2022 lalu, aku sempat ikut Zoom yang diselenggarakan oleh Indscript Creative yang mengundang Istana Sublim sebagai nara sumber. 


Awalnya aku nggak pernah kepikir buat bisnis sublim karena tahu peralatan yang dibutuhkan untuk membuatnya nggak murah, dan prosesnya juga cukup rumit. Namuuuun, event kali ini malah bikin aku jadi melek dan paham, kalau sublim yang dilakukan oleh Istana Sublim bisa jadi ladang cuan buat aku. 


Eh, enggak cuma aku aja, tapi kamu juga bisa loh, ya...ahahhahaah.

Terus gimana caranya? simak, ya!



Founder Istana Sublim, Rio Herdy belum apa-apa udah share hashtag perusahaan yang mereka punya, yaitu: "Start Creating with Us". Belum apa-apa, kita diundang untuk jadi bagian dari Istana Sublim untuk berbisnis. Wow, ini luar biasa. 


Sebelum aku bocorin, gimana caranya bisa bisnis sublim kain dengan Istana Sublim, izin buka sedikit, apa sih, sebenarnya sublim ini, boleh yaaa ...

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), sublim berarti:

  1. v menampakkan keindahan dalam bentuknya yang tertinggi; amat indah; mulia; utama
  2. n perubahan zat padat menjadi uap
Kalau dari artiannya keknya masih agak membingungkan ya, nih, aku kasih contoh gambar sublim, ya!

Jadi, sublim itu adalah proses cetak desain dari desain ke kain. Teknik ini dikenal cukup praktis, mudah, bahkan lebih terjangkau. Teknik printing sublim ini udah banyak banget dipake mereka yang bergerak di jasa pembuatan kaos, jilbab, dan lainnya. 

Printer tinta sublim, kertas sublim, dan mesin press adalah peralatan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses printing sublim ini. Semudah itu, kah? heu, ya nggak juga. Ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan proses sublim ini, seperti:


Membuat Desain, Kemudian Print dengan Menggunakan Tinta Khusus Sublim.

Langsung aku kaitkan dengan gimana caranya bisa dapet cuan dari proses print kain sublim di Istana Sublim ini, ya ... .


Kalau kamu mau bisnis, nah, proses desain ini, bisa dimulai kapan saja dengan menggunakan aplikasi desain yang dikuasai, Canva misalnya. But wait, sebelum bikin desain pastikan kamu tahu benar, apa yang akan diproduksi. 


Di sini aku anggap kamu mau jualan jilbab dengan limited desain (atau mau bikin jilbab untuk acara keluarga juga bisa). Setelah proses desain, coba deh, kamu share dulu di media sosial-mu lanjutkan dengan menawarkan bahwa jilbab ini melalui tahapan PO (Preorder).


Sekadar pengingat, kalau Istana Sublim pasti akan menolak desain untuk sublim kain yang memang sudah ada copyright-nya. 


Keadaan, ini baiknya kamu pahami ya ... karena pastinya ini akan berkaitan dengan hak milik seseorang, yang pastinya ada hukum yang berlaku di dalamnya. 


- Menyiapkan Material

Polyester adalah jenis kain sublim yang sebaiknya digunakan. Kenapa karena material yang satu ini memang dikenal memiliki serat yang kuat, sehingga lebih awet dan tahan lama. Kelebihan lainnya adalah tidak mudah mengerut, dan lebih cepat kering. 


Perlu kamu ketahui juga, kalau untuk proses sublim ini, baiknya tidak memilih jenis kain yang ada kerut-kerutnya karena, akan mempersulit proses pemindahan gambar ke kain. Bahkan bisa dipastikan hasilnya juga nggak akan bagus. 


Berikutnya, kertas yang sudah berisi desain akan ditempelkan pada kain Polyester yang akan digunakan. Selanjutnya proses press, di mana suhu yang dibutuhkan oleh mesin sekitar 200-220 derajat, sehingga gambar dari kertas bisa berpindah ke atas kain.  


Polyester adalah Kain Terbaik untuk Sublim

Kain katun yang memang bebahan dasar kapas, kekuatannya tidak akan sama dengan polyester. Serat polyester adalah kombinasi PET (Polythylene Terephthalate) dengan senyawa kimia Etilen Glikol dan Asam Tereftalat. Pada dasarnya, polyester adalah sejenis plastik, sehingga bisa dipastikan kekuatannya memang lebih dibandingkan dengan katun. 


Proses Sublim kain Polyester ini sebaiknya memang menggunakan kain lembaran karena prosesnya bisa langsung dikerjakan di mesin besar. Perlu diketahui, mesin yang dimiliki Istana Sublim ini, memadai untuk kain dengan lebar 180cm dengan panjang yang tidak terbatas. 


Sementara untuk material yang sudah jadi, misalnya baju atau tas yang sudah berbentuk, maka perlakuannya akan berbeda. Mesin yang digunakan untuk sublim akan menggunakan mesin press sublim manual, dengan ukuran maksimalnya adalah A3. 


Teknik printing kain Istana Sublim ini juga nggak terbatas warna, ya!

Jadi kamu nggak perlu takut, ketika bikin desain, tapi warnanya nggak biasa.

Karena memang proses sublim ini akan sesuai dengan warna layar RGB dan printing itu CMYK (Cyan Magenta Yellow Key),

yang memiliki jumlah warna sebanyak 256x256x256 warna.


Oiya, proses desain yang diterima Jasa Printing Sublim di Bandung ini, ada tiga cara:

1. Desain dari gambar (Ini bisa kamu kirim via e-mail,  misalnya).

2. Tracing (Memindahkan gambar dari kain, misalnya kamu mau mencetak gambar yang sama dari jilbab/baju lain.

3. Jasa desain. Cara yang ketiga ini bisa dipilih kalau kamu memang nggak jago desain, atau nggak mau dipusingkan dengan masalah desain. Di sini kamu bisa menyampaikan desain seperti apa yang diinginkan, kemudian dibantu desain oleh Istana Sublim. 


Berikutnya setelah mendapatkan orderan, baru kita lanjutkan ke langkah selanjutnya, yaitu print desain pada kertas sublim.



Eh, tapi kamu tahu nggak sih, apa perbedaan dan kelebihan sublim dibanding dengan print kain biasa?

Simak baik-baik banget. Karena ini akan berkaitan dengan proses produksi. Di pabrik besar, kalau mau membuat motif, itu minimal 10.000 yard. Malah ada yang lebih tinggi lagi, di kisaran 15.000 yard. Atau paling tidak 10.000 yard dengan dua desain. 

Sementara lain dengan sublim yang bisa mengerjakan print ke kain, dengan jumlah kain yang lebih sedikit. Bahkan memungkinkan dari 50 meter saja, terdiri atas 10 hingga 20 desain yang berbeda. Keren, kan? 

Eh, di Istana Sublim, malah nerima orderan yang lebih sedikit lagi, dari 50 meter, makin menarik, bukan?

Jasa printing sublim di Bandung ini,  juga memiliki penawaran paket yang bisa kamu pilih, lo. Misalnya kamu punya modal yang minim dan nggak sampe belasan atau puluhan juta rupiah. Kamu bisa memulai bisnis di Istana Sublim dengan modal yang sangat minim. Nggak cuma modal tapi pesenan pun nggak ada minimal order, lo. 


Kalau udah denger minim modal, nggak ada minimal order, harusnya bisa jadi peluang besar untuk kita yang mau mulai berbisnis, tapi minim bujet. 


Alasan ini juga yang bikin aku langsung berpikir tentang desain apa yang bisa dijadiin bisnis dan berkolaborasi dengan Istana Sublim. ahahhaha...menyenangkan begitu dapat ide yang lompat-lompat gitu ...


Mesin yang dimiliki oleh Istana Sublim juga sudah semi industri, sehingga bisa dipastikan memiliki kualitas warna yang lebih baik. Menariknya lagi, di Istana Sublim yang terletak di Jl. Cihampelas No. 64C, Taman Sari, Kota Bandung ini, menyediakan kain yang 'mugkin' sesuai dengan kebutuhan pelanggannya. 


Jadi, kamu nggak perlu susah-susah nyari kain yang sesuai. Karena Istana Sublim juga telah berkerjasama dengan perusahaan tekstil, yang mungkin kainnya sulit ditemukan di pasaran. Misalnya, kamu cari bahan hijab atau mukena yang adem tapi nggak licin, atau jenis kain lainnya. 


Kalau udah gini, cuzz, dateng aja langsung ke Istana Sublim dengan desain kamu dan lanjutkan semua prosesnya di sana. Jangan lupa, siapin modal bisnisnya juga, ya ... ha ... ha ... ha... .


Eh tapi, kalau kamu yang lokasinya nggak ada di Bandung dan tetep kesengsem pengin banget pake jasa sublim di Bandung ini, masih bisa banget. Kenapa enggak? Bahkan caranya cenderung mudah dan hemat waktu. Tinggal kirimin hasil desain via email atau menyerahkan proses desain ke pihak Istana Sublim, dan semuanya bisa dilakukan dengan online. 


Artinya, di mana pun kamu berada, bisa mendapatkan layanan dari perusahaan ini. Tinggal memikirkan bagaimana proses pengiriman setelah produk selesai. 


Duh, kenapa aku kok ngiler banget sih ya...bikin sesuatu dengan proses sublim di Istana Sublim. Catatan tambahan untuk kamu yang juga mulai tebersit untuk bisnis sublim kain, bisa mempertimbangkan, harga yang diberikan perusahaan ini. 

1. Untuk bahan jersey, maka minimum order adalah satu lusin. 

2. Kamu juga bisa order 50 motif (misalnya 1 hijab, 1 desain) dengan pemesanan minimum 50 pcs. 


Catet juga, Istana Sublim kasih promo sampe akhir tahun, loh...kuy, kepoin media sosialnya. https://www.instagram.com/istanasublim/. 


Segitu aja dulu, sharing aku tentang sublim, di Istana Sublim, ya ...


Lita Widi H
Hey! Welcome to My Blog

Related Posts

Post a Comment