Bedah Buku "Girl Code" dan "Langkah Sejuta Suluh" (Part III)


Ini adalah bagian ketiga dari acara bedah buku yang diselenggarakan oleh Telkom Corporate University dalam memperingati hari Kartini, pada tanggal 19/04/2018, lalu.

                                          

Dan pembicara ketiga yang juga diajak membedah buku yang sama, yaitu buku Girl Code, yang ditulis oleh Cara Alwill Leyba dan Langkah Sejuta Suluh, karya Clara Ng, yang menceritakan kisah nyata kisah sukses Merry Riana, adalah Nida Syauqiyah, gadis kelahiran 1997 ini adalah Young CEO Indscript Digital yang juga adalah Founder Amazing Young Entrepreneur (AYE).

Menurut Nida, Kedua buku tersebut mengajak pembacanya untuk "How to Fall In Love With Process?" Bagaiamana setiap perempuan mau melakukan proses dalam setiap usahanya.

Nida menuturkan bahwa, buku Langkah sejuta suluh adalah sekuel dari buku Merry Riana sebelumnya, yaitu Mimpi sejuta Dollar yang menceritakan kehidupan Merry Riana yang sedang kuliah, sementara buku Langkah Sejuta Suluh menceritakan kehidupan Merry Riana setelah selesai kuliah. Sementara buku Girl Code, berisikan pendapat 10 perempuan sukses yang diwawancara oleh Cara Alwill.

Ada persamaan yang bisa dipetik dari kedua buku tersebut, yaitu:
1. Kedua buku itu sangat mudah dibaca karena memang tidak membosankan.
2. Memiliki kisah yang penuh dengan perjuangan, terutama buku Langkah Sejuta Suluh.
3. Tidak mengurui tapi mampu membuat pembacanya melakukan hal yang sama.
4. Fokus pada mindset .

Nida menyampaikan kutipan yang berada di halaman 45 buku Girl Code, dimana disana ada pertanyaan yang diajukan oleh Cara Alwill, kepada para kliennya.
"Why do you fell stuck?"/ "kenapa kamu merasa stuk?"
dan kebanyakan jawaban dari kliennya adalah
"Because we're affraid"/"Karena kami takut.

Takut gagal, takut mendapatkan penilaian dari orang lain, dll. Dan Cara Alwill mengatakan, kenapa harus takut, sementara masih ada satu perempuan sukses yang pernah berkali-kali mengalami kegagalan bahkan terkenal karena kegagalannya, yang Cara maksud disitu adalah, kisah penulis buku Harry Potter, yaitu J.K Rowling.

Kedua buku tersebut mengajak kita semua untuk berani melakukan proses,
berani berproses, berani berproses dan terus berani berproses, kemudian juga berani gagal, berani di judge, berani jatuh kemudian kita harus bangkit dan bangkit lagi.

Setelah menyampaikan persamaan dari kedua buku tersebut, Nida juga mengutarakan perbedaan dari kedua buku tersebut, yang Nida nilai, yaitu:


Buku Langkah Sejuta Suluh
1. Buku yang menceritakan Merry Riana ini memang jauh lebih detail, karena memang hanya fokus pada satu pribadi yaitu Merry Riana.
2. Banyak interaksi didalam cerita.
3. Memiliki sisi motivasi yang tersirat.


                                                     

Buku Girl Code
1. Memiliki sisi interaksi dengan pembaca saja.
2. Memiliki motivasi yang jelas.
3. Memiliki banyak sudut pandang dalam setiap masalah, karena melibatkan pendapat 10 wanita.

Nah, lengkap sudah bedah kedua buku motivasi tersebut, tinggal Anda putuskan, mau beli buku yang mana dari kedua buku tersebut? Atau tertarik untuk memiliki keduanya?


#Indblack
#Indscriptcreative
#Indscriptwriting
Lita Widi H
Hey! Welcome to My Blog

Related Posts

Post a Comment