Featured Post

We'll Be Back Yogyakarta

Yogyakarta, kota dengan sejuta kenangan dan ke sana kami akan segera kembali.  23 Maret 2024,   Banyak sudah yang kita lalui setiap harinya, entah ce…

Pencernaan si Buah Hati Kerap Terganggu? Ini Dia Solusinya

Post a Comment
dok.pexels.com

Hai Dears!

Anak-anak terutama balita kerap mengalami masalah pencernaan, salah satu penyebabnya adalah, karena anak-anak balita seringkali memasukkan apapun ke dalam mulut mereka, yang akhirnya bisa mengakibatkan perut mereka sakit, diare atau bahkan sulit buang air besar. Dan bila pencernaan sering terganggu akan membuat sistem imun pada tubuh pun ikut terganggu.

Sistem imun pada tubuh tidak terbentuk secara otomatis, namun akan berkembang seiring dengan bertambahnya umur. Pada satu tahun pertama kehidupan, ada sekitar 70 hingga 80 persen, sel imun akan dihasilkan oleh saluran cerna. Karenanya diharapkan bayi yang baru lahir bisa mendapatkan air susu ibu sebanyak mungkin karena ASI memang memiliki banyak manfaat, selain kasein, protein dan lemak. Salah satu keunggulan lainnya adalah karena ASI memiliki bakteri seperti lactobacillus yang dikenal memiliki peran baik untuk saluran pencernaan, Dears.

Setelah bayi mendapatkan ASI esklusif selama 6 bulan, bayi dikenalkan dengan makanan pendamping ASI, dimulai dari sari buah, makanan yang dihaluskan hingga akhirnya pada usia satu tahun, bayi sudah bisa mengonsumsi makanan yang sama dengan orang tuanya. Nah, sejak mereka mengenal makanan lain selain ASI ada baiknya sebagai seorang ibu, kamu lebih memperhatikan lagi asupan makanan mereka ya, Dears.

Lantas apa saja sih yang bisa kamu lakukan untuk membantu menjaga pencernaan pada anak? Ikuti saran ini, yuk!

Serat
Penuhi kebutuhan serat pada anak. Kenalkan anak-anak dengan berbagai jenis sayuran dan buah, sertakan juga beragam aneka olahan kacang-kacangan dan polong-polongan.

Cairan
Pastikan anak-anak tercukupi kebutuhan cairan dalam tubuhnya, terutama air putih. Kamu juga bisa memberikan mereka, buah yang memiliki kandungan air yang cukup tinggi seperti semangka atau jeruk. Berikan susu atau jus buah juga pada mereka ya.

Probiotik
Berikan anak-anak makanan dan minuman yang mengandung probiotik, biasanya probiotik terdapat pada olahan susu yang sudah menjadi yoghurt atau makanan yang sudah melalui proses fermentasi seperti tempe. Mengonsumsi probiotik akan memperbanyak bakteri baik dan mencegah bakteri jahat berkembang dan bertambah banyak di dalam saluran pencernaan.

Olahraga
Setelah terpenuhi dengan baik segala kebutuhan anak-anak, maka hal lain yang perlu juga diperhatikan adalah, aktivitas fisiknya. Ajak anak-anak untuk terbiasa melakukan olahraga, karena dengan olahraga mampu menstimulasi dan mengoptimalkan proses pencernaan dan membantu memperbaiki penyerapan gizi pada tubuh.

Wah, sepertinya tidak terlalu sulit untuk menjaga pencernaan pada tubuh si kecil ya, Dears. Semoga anak-anak tetap sehat selalu ya.


#Estrilookcommunity
#Tantanganmenulisestrilook


Lita Widi H
Hey! Welcome to My Blog

Related Posts

Post a Comment