Featured Post

We'll Be Back Yogyakarta

Yogyakarta, kota dengan sejuta kenangan dan ke sana kami akan segera kembali.  23 Maret 2024,   Banyak sudah yang kita lalui setiap harinya, entah ce…

Sekolah Leader, Sekolahnya Para Calon Leader Hebat

Sekolah Leader Batch 2
Liputan hari ke 3


2 hari lagi menjelang bulan Ramadhan. Sudah persiapan apa aja? Aku belum, kita lihat besok. Kalau tahun-tahun sebelumnya, biasanya menjelang bulan suci tiba pasti kita prepare bahan makanan agak banyak, lebih spesial tepatnya.

Tapi kali ini karena sudah terbiasa prepare bahan makanan karena pandemi Covid-19, jadinya seperti belanja per dua atau tiga hari sekali rasanya jadi biasa banget.

Etapi lagi, tugas aku buat meliput kelas Sekolah Leader masih terus berlanjut. Hari ini, Kamis, 22 April 2020 adalah hari ketiga kelas Sekolah Leader. Dan untuk materi hari ini adalah;

Manajemen Kepemimpinan


  • Strategi Pengembangan Jaringan dan Capai Target
  • Strategi Perbaikan Jaringan
  • Strategi Penyempurnaan Langkah


Penjelasan materinya sebagai berikut;

Strategi itu bentuknya strategis. Jadi untuk membangun jaringan memang dibutuhkan strategi. Dan seorang leader memang sebaiknya fokus kepada berbagai hal yang strategis. Dan agar jaringan berkembang, maka seorang leader harus mampu me-refresh jaringan, salah satunya dengan penambahan jumlah jaringan.

Jumlah jaringan juga berkaitan dengan target dan leader sebaiknya juga tidak takut dan anti pada target. Seperti, ingin membentuk berapa banyak jaringan dan berapa target yang ingin dicapai di jaringan tersebut. Di sinilah leader harus benar-benar memperhatikan proses capai target.

Terkait dengan pengembangan jaringan, sebaiknya Anda juga menentukan berapa jumlah orang yang berada di jaringan Anda. Tentukan siapa yang akan menjadi team work Anda. Kemudian edukasikan target dan cara mencapainya pada team work Anda.

Membedah target secara detail sebaiknya dilakukan oleh seorang leader kemudian bicarakan pada team work dan ajarkan team untuk fokus. Ajak tim untuk membuat target untuk secara personal, begitu juga dengan Anda sendiri. Kemudian ajak tim untuk mengejar target dengan memulai membuat impian.

Dan sebetulnya, konsep dari jaringan itu adalah,Sukseskan jaringan Anda maka Andapun bisa sukses.


Kemudian bagaimana jika Anda sebagai leader, memiliki jaringan yang tidak produktif?

Tidak bisa dipungkiri, bahwa ada saja jaringan yang mati suri di tengah jaringan-jaringan lainnya yang terus berkembang. Dan orang yang pertama kali disalahkan dalam hal ini adalah leadernya itu sendiri.

Dan bagaimana membuat jaringan agar kembali produktif, berikut ini beberapa strateginya;

Siapkan data base dari jaringan Anda
Kumpulkan semua data base dari pertama kali Anda membentuk jaringan.

Sapa semua orang yang ada di data base Anda
Kemudian tanyakan mengapa mereka tidak aktif. Dari sekian banyak alasan yang mungkin bisa Anda temukan, ini bisa dijadikan jalan bagi Anda untuk solusi bagi mereka.

Berikan Reward
Untuk membangkitkan kembali jaringan yang tidak produktif, bisa dengan cara memberikan reward. Semisal, Anda meminta kepada jaringan, bahwa siapa saja yang paling cepat menyelesaikan target akan mendapatkan reward yang telah Anda tentukan.

Strategi penyempurnaan langkah tidak perlu Anda pikirkan sendiri. Bekerjasamalah dengan jaringan Anda.

Leader mencetak leader, maka ketika Anda menemukan masalah pada jaringan. Jangan berpikir bahwa Anda harus menyelesaikan semuanya sendiri, bicarakan dan bekerjasamalah dengan leader-leader yang telah Anda pilih. Sehingga penyempurnaan langkah menjadi lebih mudah karena telah disepakati bersama.

The Great Leader is born a leader (Indari Mastuti)


***



Dan ini dia tugas hari ketiga yang harus ditunaikan oleh para peserta Sekolah Leader;

Strategi apa yang akan Anda lakukan untuk mengembangkan jaringan?
Strategi apa yang akan Anda lakukan untuk mendorong kesadaran jaringan capai target?
Apa yang menjadi masalah di jaringan Anda?
Apa yang akan Anda lakukan untuk menyelesaikan masalah dalam jaringan Anda?
Apa ide untuk jaringan Anda untuk perbaikan langkah ke depan?

Wuaah makin dalem ya tugasnya...kita intip hasil jawabannya besok yaaa...
Lita Widi H
Hey! Welcome to My Blog

Related Posts

Post a Comment