Featured Post

We'll Be Back Yogyakarta

Yogyakarta, kota dengan sejuta kenangan dan ke sana kami akan segera kembali.  23 Maret 2024,   Banyak sudah yang kita lalui setiap harinya, entah ce…

Sekolah Leader, Tempatnya Belajar para Leader Hebat Part IV


Sekolah Leader Batch 2
Liputan hari ke 4


Pagi...
Jam berapapun kamu baca artikel ini, tetep semangat kayak pagi hari ya...



Sambil nunggu keputusan apakah hari Jumat besok dimulai Puasa atau 1 Ramadhan, mari kita lanjut mencari tahu. Ada apakah dengan Sekolah Leader di hari ke-4 ini? Yang pasti masih dengan melanjutkan materi.

Sebelum dengerin materi via Audio di telegram, mari kita cari tahu dulu. Sebenernya kapan Sekolah Leader Batch 1 nya di selenggarakan, koq tahu-tahu udah batch 2 aja.

Jadi Sekolah Leader ini memang baru dibuka kelas pada Tanggal 1 April 2020 lalu. Dan karena antusias peserta yang begitu membludak, dibuatlah kelas angkatan ke dua, yang baru dimulai 4 hari lalu, tepatnya tanggal 20 April 2020.

Adapun latar belakang, mengapa kelas ini dibuka karena banyaknya ditemui para calon leader yang ternyata tidak mampu membina jaringannya karena secara mental mudah down, moody, lembek dan masalah lainnya. Sehingga akhirnya jaringan yang telah dibuat menjadi hancur berantakan.

Kelas ini juga akan menjadi kelas reguler yang diselenggarakan oleh Indscript Creative. Kemudian siapa sajakah yang bisa mengikuti kelas ini, diantaranya adalah Anda yang bergelut di MLM (Multi Level Marketing), Distributor, Direct Seller yang memang berkaitan erat hubungannya dengan konsep jaringan.



Dan sekarang, mari kita pahami materi yang disampaikan oleh teh Indari Mastuti;

Stategi Pengelolaan Stress juga Strategi Manajemen Waktu dan Hati

Pemimpin itu ternyata memang rentan stress karena banyaknya tuntutan juga tanggung jawab. Salah satunya pemicu lainnya adalah adanya keterbatasan waktu, tantangan pekerjaan serta uniknya permasalahan yang akan menjadi tambahan pemikiran seorang pemimpin atau leader itu sendiri.

Tingkatan stress seorang pemimpin dengan yang lainnya semisal dengan jaringan yang ada di bawahnya, jelas akan berbeda. Bahkan stresnya seorang pemimpin juga bisa mempengaruhi kinerjanya dan stress jaringannya juga.

Karenanya, seorang leader sebaiknya memiliki strategi bagaimana mengatasi stress yang datang. Bahkan jika memungkinkan, tidak menunggu stress itu datang. Namun seorang leader mampu menahan, menangani secara sehat atau mampu menghindarkan diri dari stress.

Lantas, bagaimana cara mengelola stress;

1. Re-organize,
mulailah untuk hidup lebih disiplin dan teratur, baik dari sisi personal maupun profesional. Seorang leader sudah seharusnya mampu untuk menyusun, mengelompokkan serta menata ulang semua tugas dan tanggung jawab sebagai seorang pemimpin.

Dan Anda juga harus bisa mengatur strategi agar bisa menyelesaikan setiap permasalahan hingga mampu mendelegasikannya kepada tim. Karena seorang leader sebaiknya tidak melakukan semua tugasnya sendirian.

Seorang leader juga sebaiknya rendah hati, mau menerima kritik dan saran dan bisa meminta dukungan dari tim atas langkah apa yang akan Anda ambil, untuk menyelesaikan persoalan yang tengah Anda temui.

Tenang dan fokus juga sebaiknya dimiliki oleh setiap leader agar masalah bisa diselesaikan dengan baik dan menemukan solusinya.

2. Cara Pandang
Untuk mengelola stress maka sebaiknya seorang leader mampu memandang setiap kejadian dan masalah yang datang sebagai tantangan yang harus diselesaikan. Dapatkan solusi-slousi baru dari setiap masalah yang datang hingga mampu membuat Anda untuk terus bergerak dan melangkah.

3. Balance
Kerja keras boleh, tapi kerja cerdas ini yang sebaiknya Anda lakukan. Salah satu wujudnya adalah, Anda harus cukup istirahat. Seimbangkan kebutuhan hidup Anda dan jangan hanya fokus pada pekerjaan. Mulailah belajar mengelola waktu dan kualitas hidup Anda serta miliki aktivitas lain selain pekerjaan.



Kelola Stress Terkait dengan Manajemen Waktu dan Hati

Buatlah perencanaan setiap hari yang penting, efektif serta efisien. Dari mulai pagi, siang hingga malam hari. Bila strategi pengelolaan waktu ini berjalan dengan baik dan disiplin Anda jalankan, maka seorang leader akan minim dari stress.

Membuat perencanaan seperti di atas, sebetulnya sebagai solusi agar pekerjaan tidak menjadi tumpang tindih sehingga akan membuat Anda terhindar dari stress karena menumpuknya pekerjaan. Dan ini akan terkait hubungannya dengan manajemen hati. Buat prioritas-prioritas pekerjaan dan jangan buat semuanya menjadi nomor satu.


Itu dia kurang lebih materi yang disampaikan oleh Teh Indari Mastuti. Intinya, bahwa setiap leader sebaiknya mampu membuat manajemen waktu dan hati agar terhindar dari stress.


Kemudian apa tugas untuk para leader di hari keempat ini, simak di sini ya!
  1. Hal apa yang paling rentan membuat Anda stress?
  2. Apa yang Anda lakukan saat merasa stress?
  3. Buatlah manajemen waktu tertulis sebagai leader?


Done, itu dia materi dan tugas yang harus dikerjakan dan dijawab oleh para leader.

Semoga apa yang sudah kamu baca ini, bisa jadi bermanfaat dan mampu membuatmu menjadi leader yang lebih baik.



Lita Widi H
Hey! Welcome to My Blog

Related Posts

Post a Comment