Cek! Sesi Mana yang Paling Menarik untuk Dihadiri di FORTUNE Indonesia Summit 2022




Banyak alasan mengapa seseorang memilih pergi ke sebuah acara. Salah satunya tentu saja pengisi acaranya. Terlepas dari topik apa yang akan disampaikan, karisma seorang pengisi acara kerap mencuri perhatian.

Ini juga yang diwujudkan oleh FORTUNE Indonesia Summit 2022. Sederet nama yang akan menjadi pembicara menjadi daya tarik utamanya. Namun sebelum mengetahui siapa saja yang akan menjadi pembicara di ajang bergengsi ini. Yuk, kenali lebih jauh apa itu FORTUNE Indonesia dan FORTUNE Indonesia Summit 2022. 

FORTUNE INDONESIA

FORTUNE yang berbasis di New York dan didirikan oleh Henry Luce pada tahun 1929 merupakan cikal bakal berdirinya FORTUNE Indonesia. Platform bisnis tersebut berhasil menarik perhatian pendiri IDN Media, yaitu Winston Utomo dan William Utomo untuk membawa FORTUNE ke tanah air. 

Tepat di 8 Agustus 2021, FORTUNE Indonesia resmi berdiri. Serupa dengan induknya, lahirlah event bergengsi yang diperuntukkan pelaku bisnis di tanah air, hingga terwujudlah FORTUNE Indonesia Summit 2022. 

Event-nya sendiri diselenggarakan selama dua hari berturut-turut, yaitu pada tanggal 18-19 Mei 2022. Berlokasi di Java Grand Ballroom, The Westin Hotel Jakarta, Gama Tower, Jl. H.R. Rasuna Said Kav. C-22A, Setiabudi, DKI Jakarta. Acaranya akan dimulai dari pukul 09.00 hingga 18.00 WIB.

Bisa dibayangkan begitu melelahkannya, beraktivitas selama dua hari penuh. Sayangnya, perasaan itu tidak akan didapatkan jika menghadiri event ini. Bagaimana tidak, ada tiga tema besar yang dipercaya akan memberikan insight bagi ekosistem bisnis di negara ini, yaitu impact, sustainability, juga growth dengan beragam topik yang akan disajikan ke dalam belasan sesi talkshow.

Enggak cukup sampai di situ, event ini juga akan menampilkan awarding session, yang ditujukan bagi sejumlah tokoh. Sesi tersebut bertajuk FORTUNE Indonesia Businessperson of the Year dan 40 Under 40.

Rundown FORTUNE Indonesia Summit 2022



Nah, ini dia rangkaian acara yang akan digelar di event yang akan berlangsung tiga minggu lagi.

Hari pertama 18 Mei 2022

09:00 AM - 09:10 AM : Opening Session yang akan dibuka oleh Winston Utomo selaku Founder & CEO IDN Media.

09:10 AM - 10:00 AM : Muhammad Lutfi (Menteri Perdagangan RI). Topik: Indonesia: Epicenter of Commodity

10:00 AM - 11:00 AM : Sunarso (Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia). Topik: If You Can’t Measure It, You Can’t Improve It

11:00 AM - 11:59 AM : Pembicaranya belum diumumkan, Topik: Renewable Energy: From Dreams Become Reality

12:00 PM - 13.00 PM : Break

13:00 PM - 13:59 PM: Garibaldi Thohir (CEO Adaro Energy). Topik: Growing Beyond Core Business

14:00 PM - 14:59 PM: Andry Asmoro (Chief Economist Bank Mandiri) dan Arsjad Rasjid (Ketua Umum KADIN & Presiden Direktur Indika Energy). Topik: Ready, Set, and Grow: Indonesia Business Outlook 2022

15:00 PM - 15:59 PM: Cipta Ciputra Harun (NFT Collector) dan Napoleon (Founder of Scholarz dan NFT Enthusiast). Topik: NFT: What You Need to Know

16:00 PM - 17:00 PM: Jahja Setiaatmadja (TBC) (Presiden Direktur Bank Central Asia) dan Umesh Phadke (Presiden Direktur L'Oreal Indonesia). Topik: Triple Crown of Growth: Leadership, GCG, Fit Strategy

17:00 PM - 18:00 PM: Belinda Tanoko (Presiden Direktur Tanrise Property) dan Dyota M. Marsudi (Presiden Direktur Bank Aladin Syariah). Topik: Next Generation Indonesia

Hari kedua, 19 Mei 2022

09:00 AM - 10:00 AM: Roderick Purwana (Managing Partner East Ventures) dan John Riady (CEO Lippo Karawaci & Direktur Lippo Group). Topik: Innovation in the Fast Track

10:00 AM - 10:59 AM: Pieter Lydian (Country Director Meta Indonesia) dan Indrawan Nugroho (CEO & Co-founder Corporate Innovation Asia (CIAS)). Topik: Metaverse: New Big Thing of Economy

11:00 AM - 11:59 AM: Parwati Surjaudaja (Presiden Direktur OCBC NISP) dan Ira Noviarti (Presiden Direktur Unilever Indonesia). Topik: Women in the Workplace

12.00 PM - 13.00 PM: Break

13:00 PM - 13:59 PM: Pandu Sjahrir (Founding Partner AC Ventures) dan Ganesan Ampalavanar (Presiden Direktur Nestlé Indonesia). Topik: When Profit Meets the Planet

14:00 PM - 14:59 PM: To Be Announced. Topik: Fintech: Accelerator of Financial Inclusions

15:00 PM - 15:59 PM: Oscar Dharmawan (CEO Indodax). Topik: The Sudden Rise of Retail Investing: Crypto vs Stocks

16:00 PM - 16:59 PM: To Be Announced. Topik: What We Learned from Pandemic

17:00 PM - 18:00 PM: Awarding Session: Fortune Indonesia 40 Under 40

Sampai di sini, rasanya sayang jika satu sesi pembicara dilewatkan, ya. Namun sebagai manusia pasti punya prioritas sehingga akhirnya harus memilih, terlebih jika waktu yang kita miliki pun tak kalah terbatasnya.

Jadi, sesi mana yang betul-betul tidak akan dilewatkan? Kalau aku yang diberi kesempatan untuk hadir di event besar itu, jadwal pertama yang tidak akan dilewatkan adalah sesi opening.

Meskipun hanya berlangsung 10 menit, rasanya mengetahui alasan besar Winston Utomo menggelar acara ini wajib diketahui, yang pasti akan membakar munculnya inspirasi. Topik menarik yang sepertinya harus diikuti ada di jam 11.00 AM, sayangnya masih belum diketahui siapa pembicara yang akan menyampaikannya. 

Berkaitan erat dengan sesi tersebut, topik yang dibawakan oleh pembicara kedua yaitu Sunarso (Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia) juga sangat menarik. Topiknya sendiri adalah "If You Can’t Measure It, You Can’t Improve It" (Jika Anda Tidak Dapat Mengukurnya, Anda Tidak Dapat Meningkatkannya)

Profil Sunarso


Sumber: https://instagram.com/fortune.idn?igshid=YmMyMTA2M2Y=


Seperti sudah disinggung di atas, bahwa pembicara adalah kunci menariknya sebuah event. Jadi, mari kita kenali sekilas mengenai Sunarso.

Sunarso merupakan seorang bankir senior yang lahir di Pasuruan, Jawa Timur, pada  7 November 1963. Sebelum ditunjuk menjadi Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia pada 2 September 2019 oleh Kementerian BUMN pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), beliau adalah Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) sejak Oktober 2017 hingga Januari 2019.

Namun sebelumnya, Sunarso sudah menjadi bagian dari PT Bank Rakyat Indonesia. Di mana sejak tahun 2015 - Oktober 2017, posisinya adalah sebagai Wakil Direktur Utama.

Perjalanan karirnya sendiri sudah dimulai sejak tahun 2010. Saat itu beliau sudah menjabat sebagai Direktur Commercial & Business Banking PT Bank Mandiri (Persero) Tbk sejak tahun 2010 hingga 2015. 

Prestasi Sunarso: 

  • The Best CEO BUMN kategori BUMN Terbuka Sektor Keuangan dengan aset diatas Rp15 triliun, melalui ajang Top BUMN Award 2020.

  • The Most Influential People in Southeast Asia, kategori Leading Corporate & Commercial Bankers yang diselenggarakan oleh Alpha Southeast Asia Magazine, 2012.

  • Top CEO BUMN dalam dua kategori, yaitu The Best Transformative Leader dan The Best Good Corporate Governance & Service oleh Sky Media, 2018.

  • The Best CEO BUMN dalam kategori Talent Development dalam Anugerah BUMN 2018.

Sederet penghargaan yang dikantonginya, bisa dipastikan akan membuat kita semua terinspirasi, dengan perjalanan pria lulusan Sarjana Agronomi Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Magister Administrasi Bisnis di Universitas Indonesia ini.

Sesi lainnya yang tidak kalah menarik di hari pertama ini, ada di jam 15.00 WIB dan 17.00 WIB. Cek lagi rundown di atas, ya!

Kemudian bagaimana dengan hari kedua? Sesi mana yang mencuri perhatian. Buat aku pribadi, sesi jam 09.00 WIB, 10.00 WIB, 11.00 WIB, 13.00 WIB, 15.00 WIB dan 16.00 WIB enggak bakal bikin beranjak, deh. 

Sesi jam 10.00 akan menampilkan dua pembicara yaitu: Pieter Lydian (Country Director Meta Indonesia) dan Indrawan Nugroho (CEO & Co-founder Corporate Innovation Asia (CIAS)) dengan topik yang akan disajikan: Metaverse: New Big Thing of Economy

Profil Pieter Lydian

Yuk, kita kenali sekilas tentang Pieter Lydian.

Pieter Lydian, jelas bukan pemain baru di industri teknologi. Kiprahnya bermula dari Dell, Microsoft, Finmas dan kini Facebook Indonesia. Ia dikenal ahli dalam menyusun strategi dan manajemen produk. 

Kemampuannya lainnya adalah penjualan solusi dan manajemen yang adaptif. Pria kelahiran 1973 yang merupakan alumni BINUS ini, sudah sejak 2019 ditunjuk menjadi Country Director Meta Indonesia.

Awarding Session

Sebagai pelengkap event ini, rasanya meninggalkan bangku saat sesi award adalah mustahil. Sederet nama akan mendapatkan penghargaan atas karyanya, yang akan dibagi ke dalam beragama kategori. Siapa andalanmu? 

Ada lima kategori dan nominasinya:

1. Business

  • Achmad Zaky (Co-founder Bukalapak, Founder Init-6)
  • Anderson Sumarli (CEO dan Co-founder Ajaib)
  • Anderson Tanoto (Managing Director RGE Pte Ltd)
  • John Riady (CEO Lippo Karawaci dan Direktur Lippo Group)
  • Erastus Radjimin (Founder and CEO ARTOTEL Group)
  • Ernest Saudjana (Managing Director and Partner Boston Consulting Group)
  • Muhammad Fajrin Rasyid (Direktur Digital Business Telkom Indonesia)
  • Farell Grandisuri Sutantio (President Director and Grup CEO PT Cisarua Mountain Dairy)
  • Ferry Unardi (CEO and Co-founder Traveloka)
  • Gibran Huzaifah (Chief Executive Officer eFishery)
  • Oscar Darmawan (CEO Indodax)
  • John Marco Rasjid dan Christoper Madiam (CEO dan Co-founder Sociolla

2. Entertainment
  • Angga Dwimas Sasongko (Sutradara, Produser, CEO Visinema)
  • Arief Muhammad (Kreator Konten)
  • Nicole Zefanya (Musisi)
  • Rich Brian (Musisi)
  • Raffi Ahmad (Artis dan Pengusaha)
  • Reza Rahadian Matulessy (Aktor)

3. Government & Public Policy
  • Angela Tanoesoedibjo (Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)
  • Emil Elestianto Dardak (Wakil Gubernur Jawa Timur)
  • Gibran Rakabuming Raka (Wali Kota Solo)
  • Nadiem Anwar Makarim (Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi)
  • Putri Indahsari Tanjung (Staf Khusus Presiden dan Founder Creative Experience Office (CXO))

4. Social
  • M. Alfatih Timur (CEO dan Founder Kitabisa.com)

5. Sports
  • Greysia Polii dan Apriyani Rahayu (Atlet Bulu Tangkis Indonesia)
  • Eko Yuli Irawan (Atlet Angkat Besi)


20 BUSINESSPERSON OF THE YEAR

Ini adalah 20 nama yang masuk ke dalam jajaran businessperson of the year versi FORTUNE Indonesia

  1. Garibaldii Thohir (Presiden Direktur dan CEO PT Adaro Energy Tbk

  2. Franky Oesman Widjaja (Chairman dan CEO Golden Agri-Resources Ltd (GAR))

  3. Anthoni Salim (Presiden Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk)

  4. Jahja Setiaatmadja (Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk)

  5. Susilo Wonowidjojo (Presiden Direktur PT Gudang Garam Tbk)

  6. Andre Sukendra Atmadja (Presiden Direktur PT Mayora Indah Tbk)

  7. Nicke Widyawati (Direktur Utama PT Pertamina (Persero))

  8. Haryanto Adikoesoemo (Presiden Direktur PT AKR Corporindo Tbk)

  9. Alvin W. Sariaatmadja (Presiden Direktur PT Elang Mahkota Teknologi Tbk)

  10. M. Arsjad Rasjid (Direktur Utama PT Indika Energy Tbk)

  11. Sunarso (Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk)

  12. William Tanuwijaya (CEO Tokopedia)

  13. Ririek Adriansyah (Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom))

  14. Kuncoro Wibowo (Pendiri Kawan Lama Sejahtera Group)

  15. Handojo Santosa (Direktur Utama PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk)

  16. Budiarto Halim (Presiden Direktur PT Erajaya Tbk)

  17. Silmy Karim (Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk)

  18. Frans Kesuma (Presiden Direktur PT United Tractors Tbk)

  19. Tjiu Thomas Effendy (Presiden Direktur PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk)

  20. Parwati Surjaudaja (Presiden Direktur PT OCBC NISP Tbk)

Begini Cara Mendapatkan Tiket FORTUNE Indonesia Summit 2022



Ini dia informasi yang pastinya dicari semua orang. Bagaimana, sih, cara mendapatkan tiket masuk agar bisa menyaksikan event akbar ini. Ketentuannya cukup mudah, kok. Kita cukup berlangganan majalah FORTUNE Indonesia selama satu tahun saja. 

Caranya bisa dilakukan dengan bertransaksi di Official Store FORTUNE Indonesia di marketplace Tokopedia. Biaya berlangganan majalahnya tertera di sana, yuk, meluncur sekarang sebelum kehabisan tiketnya atau scan kode QR ini.









#FIS2022

#FORTUNEIndonesia

#FORTUNEIndonesiaSummit2022

#FORTUNEIndonesiaSummit

#IDNMedia




Sumber: 

https://fortunesummit.fortuneidn.com/


https://m.bisnis.com/market/read/20201130/192/1324387/profil-sunarso-dirut-bbri-pemenang-the-best-ceo-top-bumn-award-2020

https://binus.ac.id/2021/01/kontribusi-peter-lydian-memimpin-dalam-industri-teknologi-indonesia-dengan-junjung-core-value/




Lita Widi H
Hey! Welcome to My Blog

Related Posts

10 comments

  1. Keren banget acara ini dengan banyak para pebisnis handal yang tampil. Apresiasi thd pebisnis dan berikan insight yang terbaik utk berbisnis tangguh.

    ReplyDelete
  2. ajang bergengsi yang menginspirasi tidak hanya bagi pebisnis tetapi untuk sektor yang lain juga, selamat untuk para penerima penghargaan

    ReplyDelete
  3. Selain memberikan banyak ilmu tentang dunia bisnis, ada juga motivasi untuk para perempuan agar terus berkarya kan ya, Mbak Lit. Women leaders yang menjadi pembicara ataupun yang mendapat penghargaan sungguh menginspirasi

    ReplyDelete
  4. Suka bgt sama acara seperti ini, Mbak. Nular bgt vibes positif nya^^

    ReplyDelete
  5. Semuanya bagus-bagus aku cek. Mungkin aku pilih sesi Al Fatih timur ya. Penasaran sama nama besarnya kita bisa. Hehe

    ReplyDelete
  6. Sebagai orang yang tidak hadir dan membaca beberapa artikel, saya tuhpaling penasaran dengan sesinya Raffi Ahmad ... konon beliau tampil cerdas. Pengen banget nonton video rekamannya.

    ReplyDelete
  7. Keren ya acaranya! Selain ngasih appresiasi buat pebisnis dan inspirator sukses di bidangnya, acara ini pun membuka mata saya tentang pentingnya value dalam bisnis. Salut!

    ReplyDelete
  8. Sepertinya semua sesi penting banget. Keren-keren lihat ulasan dan rincian acaranya. Sayang banget yang belum pada ikutan. Semoga tahun depan ada lagi acara seperti ini

    ReplyDelete
  9. Acaranya super keren dan menginspirasi

    ReplyDelete
  10. Acara seperti ini sangat bermanfaat banget Kak soalnya pengalaman adalah guru terbaik dan narasumber acara ini 100% sudah teruji pengalamannya.

    ReplyDelete

Post a Comment