Pendampingan Usaha UMKM dari PT BPR Mitra Parahyangan

 

BPR Mitra Parahyangan Bantu UMKM

PT BPR Mitra Parahyangan bantu UMKM dan mikro UMKM, khususnya yang berada di wilayah Bandung dan sekitarnya. 

UMKM merupakan sebutan yang mewakili bisnis di lini apa pun, dan memiliki omzet di bawah Rp 2 miliar, setiap tahunnya. Sedangkan bisnis yang omzetnya di bawah itu, disebut mikro UMKM.

UMKM atau mikro UMKM, biasanya membutuhkan modal untuk keberlangsungan bisnisnya. Bahkan dari pinjaman modal usaha, bisa membantu UMKM menjadi lebih berkembang.

Di sinilah tugas bank perkreditan rakyat dinilai sangat berarti, terutama untuk mereka yang memang tidak terjamah atau enggan berhubungan dengan perbankan, yang secara prosedur dianggap lebih rumit. BPR seolah menjadi jembatan yang tepat, sehingga masyarakat masih bisa melakukan aktivitas keuangan dengan cara yang lebih mudah.

Mengenal Bank Perkreditan Rakyat

Tidak bisa dimungkiri, bahwa salah satu usaha yang banyak dibutuhkan masyarakat ada di bidang keuangan, termasuk salah satunya adalah keberadaan BPR. Meski dianggap sebagai lembaga yang lebih kecil dari perbankan, nyatanya BPR tetap diminati. 

Kurangnya memahami pengertian bank perkreditan rakyat beserta fungsinya, tidak jarang membuat masyarakat terutama pebisnis usaha kecil menengah, hanya tertarik menggunakan jasa-jasa bank besar. 

Padahal, salah satu produk dari bank perkreditan rakyat bisa membantu sebuah bisnis, menjadi lebih baik. Tidak hanya itu, 

Prinsipnya, tujuan Bank Perkreditan Rakyat adalah melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional maupun syariah. Di dalam aktivitasnya tidak memberikan jasa lalu lintas pembayaran.

Kegiatan BPR memang jauh lebih sempit, jika dibandingkan dengan kegiatan bank pada umumnya. Hal ini dikarenakan BPR dilarang menerima simpanan giro, kegiatan valas, ataupun perasuransian.

Adapun produk dari Bank Perkreditan Rakyat yang dapat dilaksanakan, di antaranya:

  • Menghimpun dana dari masyarakat, yang bisa berupa deposito berjangka, tabungan, dan atau bentuk lainnya.
  • Memberikan kredit.
  • Menyediakan pembiayaan dan penempatan dana berdasarkan Prinsip Syariah.
  • Menempatkan dananya dalam bentuk Sertifikat Bank Indonesia (SBI), deposito berjangka, sertifikat deposito, dan atau tabungan pada bank lainnya.

Mereka yang sudah merasakan manfaat dan keleluasaan bertransaksi di BPR, umumnya menjadi nasabah yang loyal. Selain itu bunga kredit BPR juga lebih ringan, bila dibandingkan dengan bunga bank. BPR juga mampu memberikan kredit dengan total presentasi cukup besar dibandingkan agunan yang diberikan.

PT BPR Mitra Parahyangan dan Pendampingan Usaha UMKM

Rancage program UMKM BPR Mitra Parahyangan
Rancage pendampingan usaha mikro BPR Mitra Parahyangan

Pada acara talk show yang diselenggarakan Indscript Creative, di Zoom beberapa waktu lalu, hadir Toni Muliadi (Direktur Utama) dan Yadi Mulyadi (anggota direksi) yang mengungkapkan keberadaan perusahaannya yaitu BPR Mitra Parahyangan yang bisa menjadi solusi pinjaman praktis UMKM.

Tidak hanya itu, BPR MP juga melakukan pendampingan usaha UMKM yang melakukan pinjaman ke perusahaannya melalui program Rancage. 

Hal ini tentunya menjadi perhatian yang cukup menarik karena tidak semua pemilik usaha mau didampingi kegiatannya oleh bank. Padahal, banyak manfaat yang bisa diambil ketika BPR mengambil peran sebagai pengawas.

Salah satunya adalah, menjadi reminder atas penggunaan modal yang diberikan, hingga saran penggunaan modal atau kredit yang seharusnya. Sehingga harapannya, siapa pun yang mengajukan kredit ke BPR, bisa menjadikannya sebagai utang produktif.

Sejarah PT BPR Mitra Parahyangan

Perjalanan PT BPR Mitra Parahyangan sendiri cukup panjang. Dimulai dari berdirinya PT Bank Perkreditan Rakyat Anditta Mitra Usaha pada tahun 1991, kemudian mengubah namanya menjadi PT Mitra Anditta satu tahun kemudian.

Seiring perjalanan, terjadi proses akuisisi pada tahun 2013. Kemudian secara resmi pada tahun 2014, namanya diubah menjadi PT BPR Mitra Parahyangan, yang berlokasi di Jl. Jl. BKR, Lingkar Selatan No.154A, Cigereleng, Kecamatan Regol, Kota Bandung, Jawa Barat. 

visi dan misi BPR Mitra Parahyangan
visi dan misi BPR Mitra Parahyangan

Siapa pun diperbolehkan mengajukan pinjaman ke BPR Mitra Parahyangan, akan tetapi bisa memenuhi persyaratan yang diberikan. Di antaranya, memiliki usaha yang tengah berjalan, melengkapi dokumen penting, hingga proses survey dilakukan.

Pada kesempatan tersebut, Yadi Mulyadi juga mengingatkan, betapa pentingnya bagi para debitur untuk mau berperilaku disiplin. Terutama memisahkan keuangan antara pribadi dengan usaha. Yang kerap menjadi masalah di kemudian hari, entah itu pada keberlangsungan bisnisnya ataupun pada proses pembayaran pinjamannya.

Berapa Modal Usaha yang Diberikan BPR Mitra Parahyangan?

Mungkin Anda bertanya-tanya, berapa sih, kredit yang bisa diberikan oleh BPR? Mungkinkah BPR memberikan lebih dari RP 30 juta. 

Diungkapkan oleh Toni Muliadi, bahwa BPR Mitra Parahyangan bantu UMKM dengan memberikan kredit dalam jumlah yang besar bahkan mencapai Rp 300 juta rupiah. Di mana nilai ini, tentunya memerlukan persyaratan yang lebih ketat, dibangun dengan jumlah kredit di bawahnya.

Bagi kamu yang tertarik untuk mengajukan kredit ke BPR Mitra Parahyangan, sebaiknya tidak menolak tawaran pendampingan UMKM yang ditawarkan BPR. Selain terhitung lebih aman, kepercayaan yang dibangun akan jauh lebih besar sehingga menguntungkan kedua belah pihak.

Sebagai catatan tambahan untuk kamu yang tertarik dengan program yang diberikan BPR Mitra Parahyangan, perusahaan ini memiliki lokasi di tengah kota, sehingga lebih mudah dijangkau. Selain itu, bunga yang diberikan pun relatif kecil.

Yang tidak kalah penting, ketika kamu akan bertransaksi di dunia perbankan, pastikan perusahaan tersebut, telah tercatat secara resmi di OJK (otoritas jasa keuangan). 

Memilih BPR yang memiliki bunga ringan, lokasi strategis dan terpercaya, makan kegiatan menabung ataupun meminjam akan lebih terjamin.  

Nah, buat kamu yang saat ini ingin mengembangkan usaha dan berlokasi di Jawa Barat, sepertinya bisa menggunakan PT BPR Mitra Parahyangan sebagai support system. Perusahaan ini tentunya tepat untuk bisnis UMKM atau mikro UKMM yang sedang dirintis, dan menjadi sebagai solusi cara cepat dapat pinjaman usaha yang aman. 

Semoga bermanfaat.


tips memanajemen keuangan ala  PT BPR Mitra Parahyangan
tips memanajemen keuangan ala 
PT BPR Mitra Parahyangan





Lita Widi H
Hey! Welcome to My Blog

Related Posts

Post a Comment