Featured Post

We'll Be Back Yogyakarta

Yogyakarta, kota dengan sejuta kenangan dan ke sana kami akan segera kembali.  23 Maret 2024,   Banyak sudah yang kita lalui setiap harinya, entah ce…

Catat! 7 sampai 9 Juli 2023 Wajib Datang ke Karya Kreatif Jawa Barat di Gedung Sate

Karya Kreatif Jawa Barat dan Pekan Kerajinan Jawa Barat 2023 akan dimulai pada tanggal 7 hingga 9 Juli 2023 di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat. 

Catat! 7 sampai 9 Juli 2023 Wajib Datang ke Karya Kreatif Jawa Barat di Gedung Sate

Dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja (BWI), kantor perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat bekerja sama dengan Dekranasda Jawa Barat kembali menggelar acara tahunan KKJ-PKJB 2023. 

Karya Kreatif Jawa barat (KKJ) - Pekan Kerajinan Jawa Barat 2023 (PKJB) ini merupakan kali kelima. Sejak tahun 2019, event besar ini menghadirkan sejumlah rangkaian acara yang sangat menarik. 

Namun, sebelum menuturkan ada apa saja di event seru ini, aku juga mau kasih tahu kamu kalau ada berbagai kompetisi menarik yang bisa diikuti, seperti Karya Kreatif Competition, Zero Waste Fashion Competition, Wastra Dance Competition, serta Ngabaraya Fashion Walk (Fashion Show Competition). 

Hadiahnya? Wuah jangan tanya, deh, puluhan juta rupiah bisa didapatkan oleh para pemenang. Jadi buat kamu yang masih tertarik untuk ikut kompetisinya, ikutan saja. 

Aku kasih kamu lihat flyer-nya, ya. Siapa tahu jodoh kamu untuk ikut lomba ini. 


Di kompetisi ini, kamu diminta untuk membuat video yang infomatif, mengedukasi, serta berisi promosi maupun hiburan yang berkaitan dengan acara Karya Kreatif Jawa Barat dan Pekan Kerajinan Jawa Barat ini. Kurang lebih semacam video ajakan untuk hadir ke acara tersebut. 

Ketentuan pesertanya ini, nih!


Jadi, kalau mau ikut kompetisi kamu harus warga Jawa Barat yang berusia minimal 18 tahun. Video yang harus original dan di-upload di TikTok dan wajib mencantumkan tagar #UMKMJabarGaspol dan #KaryaKreatifCompetition

Untuk informasi lebih lanjut, kamu juga bisa langsung menghubungi nomor ini, 081224340488 (Slamet). Menariknya lagi, video yang bisa kamu ikutsertakan boleh lebih dari satu. Jadi, selagi ada kesempatan, yuk, bikin video kompetisinya. 

Untuk kompetisi yang satu ini, setidaknya ada Rp10.000.000,00 yang bisa dimenangkan, lo. Sementara itu, kalau kamu mau ikut kompetisi lainnya, kamu juga bisa lihat flyer-flyer ini. 


Wah, baru pre-event-nya saja sudah bertabur hadiah, ya! Nilainya juga tidak sedikit. 

Sekarang kita cari tahu ada apa saja, sih, di tanggal 7 hingga 9 Juli nanti selain pasti pengumuman dari kompetisi-kompetisi di atas tadi? 

Rundown Acara Karya Kreatif Jawa Barat dan Pekan Kerajinan Jawa Barat 2023 



Kamu lihat kan? Acara berlangsung dari pagi hingga sore. Kalau rundown acara di atas masih kurang jelas, aku kasih lebih informasi lagi, ya. 

Jadi selain acara-acara yang disebut di atas, kamu juga akan disuguhi serangkaian acara lainnya, seperti:

Showcasing UMKM
Karya Kreatif Jawa Barat dan Pekan Kerajinan Jawa Barat 2023 diramaikan dengan booth-booth UMKM Jawa Barat. Jika dilihat dari event tahun-tahun sebelumnya, ada puluhan produk-produk premium dari berbagai UMKM, mulai dari kriya, fashion, kuliner, hingga industri kreatif. 

Untuk showcase produk UMKM premium ini, kabarnya akan dilangsung secara hybrid. Wah, online dan offline, ya! Menarik banget, jadi penasaran kalau online-nya sendiri siapa aja yang bakal showcase produk UMKM-nya. Setidaknya, mereka yang nggak bisa hadir di event offline-nya masih bisa memberikan suara atas produk-produknya, ya!

Business Matching
Gelaran acara berikutnya adalah Business Matching, yaitu pertemuan bisnis yang terjadwal antara pelaku bisnis, baik dengan calon mitra distributor, calon supplier, atau calon mitra pendanaan, juga calon investor. 

Pada dasarnya, event-event seperti ini, langsung tidak langsung memang akan membawa kita pada dunia dan calon-calon mitra ini, pada akhirnya bisa tertarik dan datang dengan sendirinya melihat hasil karya kita. Humm...kesempatan besar untuk para UMKM bisa hadir di sini, ya. 

Implementasi QRIS
Hey, kamu suka transaksi keuangan pake QRIS, 'kan? Hari gini memang sudah cashless kayak aku, hampir setiap transaksi dilakukan dengan proses scan barcode, sayangnya, belum semua merchant yang memanfaatkan kemudahan ini, termasuk adalah pasar tradisional. Padahal aku yakin banget kalau saja transaksi di pasar bisa semudah ini, semua orang, jadi lebih suka belanja di pasar. Semoga suatu saat nanti ini terjadi, ya ...

Tapi kamu sendiri paham nggak, sih, apa itu QRIS? Eit, jangan-jangan belum tahu betul apa itu QRIS? 
QRIS adalah singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard yang wajib kamu baca KRIS, bukan qyuris, atau kiris...wkkwkw...jangan sampai salah lagi. 

Dengan QRIS memudahkan transaksi karena hanya perlu melakukan scan barcode saja sehingga pembayaran jadi lebih mudah, cepat, dan aman. QRIS sendiri dikembangkan oleh industri sistem pembayaran dengan Bank Indonesia. 

Di pekan KKJ nanti, implementasi QRIS juga bisa kamu lihat. Jadi, buat kamu yang belum paham betul dan punya bisnis, sayang buat dilewatkan kesempatan baik ini. 

Sosialiasi dan Edukasi
Ajang KKJ dan PKJ ini juga menjadi ajang sosialisai dan edukasi, untuk semua pengunjung dan tentu saja mereka yang bergabung di event tersebut. Dengan adanya sosialiasi dan edukasi terkait berbagai karya kreatif dan kerajinan UMKM Jawa Barat tentunya akan membuat kita lebih paham lagi kelebihan-kelebihan sebuah produk.  

Helaran Industri Kreatif
Untuk Helaran Industri Kreatif sendiri sudah dimulai sejak acara dibuka jam 09.00 WIB, ya. Berbagai helaran seperti suguhan atraksi seni yang diringi musik dan tarian, bisa kita saksikan di sana. 

Workshop
Wah, ada workshop juga lo, keren, ya! Kira-kira workshop apa yang akan dilaksanakan di event tahun ini, ya? Jujur aku juga penasaran, sih. Workshop on the spot yang pastinya bakal seru dan kasih pengalaman baru buat kita yang hadir. 

Competition
Kompetisi. Seperti sudah aku singgung di awal, sebelum event ini digelar, kita sudah bisa mengikuti beragam kompetisi dan pemenangnya pasti akan diumumkan secara langsung di event KKJ.  

Fashion 
Ini dia acara yang pastinya banyak dinanti pengunjung KKJ. Gimana enggak, selain UMKM yang menawarkan produk fashion dan bisa dibeli, mata kita juga akan dimanjakan dengan fashion show yang akan digelar pada hari kedua KKJ, yaitu Sabtu 8 Juli 2023. 

Perfomance
Berikutnya rangkaian acara yang enggak boleh dilewatkan di acara tahunan ini adalah perfomance dari para artis. Pada hari pertama KKJ, kamu bisa lihat penampilan dari Mind and Soul. Kemudian di hari kedua ada penampilan dari 57kustik dan special performance dari Judika. Sementara itu, ada hari ketiga, sekaligus penutup event, kamu bisa mendengarkan musik dari Nidji. 

Tambahan informasi lagi, di puncak acara, yaitu hari ketiha akan ada kolaborasi fashion show dari desainer-desainer ternama di negeri ini, seperti Deden Siswanto, Ria Barabba, juga Harry Ibrahim. 

Wah, kurang apa lagi, sih? Puas banget pastinya kalau kita pergi bareng keluarga ke event ini. Selain bisa digunakan sebagai sarana liburan sekolah, kita jusa bisa mengenalkan budaya Jawa Barat pada anak-anak. 

Eh, enggak cukup sama keluarga saja, tetangga, teman, sahabat, kalau bisa satu kampung, kita ajak ramai-ramai ke Gedung Sate untuk menghadiri event ini. Sekaligus membuktikan bahwa kita sebagai warga Jawa Barat peduli dengan keberlangsungan UMKM di daerah sendiri. 

Yuk, catat baik-baik jadwalnya, ya, 7 sampai 9 Juli 2023, kita bersama-sama mengunjungi Karya Kreatif Jawa Barat dan Pekan Kerajinan Jawa Barat di Gedung Sate. Sampai jumpa di sana!

Lita Widi H
Hey! Welcome to My Blog

Related Posts

Post a Comment