Merasa Tidak Produktif, Waspadai 7 Sifat Sepert Ini!

dok.emakpintar.org (Assifa Shakilla, Young CEO Indscript Training Center (ITC)

Gimana sih cara kamu mengatasi segala tuntutan pekerjaan yang ada di depan matamu?
Dan gimana juga cara kamu menghandle kehidupanmu?

Dan apakah kamu sudah yakin, bahwa kamu sudah cukup produktif?

Ngomong-ngomong tentang produktif, kamu tahu ga apa artinya?
Kupas sedikit yuuk..
Produktif itu artinya adalah mampu menghasilkan sesuatu dalam jumlah yang besar secara terus menerus dan memiliki manfaat.
Range usia produktif itu dimulai dari usia 15 hingga 64 tahun. Dan semua orang yang berada diusia tersebut, diharapkan mampu menghasilkan sesuatu yang paling tidak bisa bermanfaatnya bagi dirinya sendiri, kemudian memberikan efek dan akhirnya memberikan juga manfaatnya bagi sekitarnya.

Namun ternyata, tanpa disadari ada beberapa sifat yang acapkali kita abaikan saat kita merasa bahwa kita sudah cukup produktif.
Kalau kamu tidak percaya, lanjut baca artikel ini sampai habis ya...

Berikut ini adalah 7 sifat yang sebetulnya bisa jadi produktif tapi tidak benar-benar menjadi produktif.

1. Multi tasking
Yakin kepada kemampuan diri sendiri lantas berusaha menyelesaikan semua pekerjaan sendirian dalam satu waktu, memang hal ini tidak merugikan orang lain. tapi kamu sendiri akan kepayahan menyelesaikan deadline yang begitu banyak.

2. Tidak mau Mendelegasikan
Berlanjut dari point yang pertama, karena merasa sanggup menyelesaikan semuanya sendirian, akhirnya kamu enggan mendelegasikan pekerjaan kamu kepada orang lain. Padahal sebetulnya dengan mendelegasikan satu atau dua saja pekerjaanmu kepada orang lain, akan membuatmu lebih fokus pada pekerjaan lainnya dan hasilnya pun pasti akan jadi lebih baik, karena kamu melakukannya dengan santai tanpa terburu buru karena takut tidak bisa mengerjakan pekerjaan-pekerjaan lainnya.

3. Perfeksionis
Apakah kamu tipikal orang selalu mau semuanya tampak sempurna?
Ternyata, sifat seperti ini hanya akan membuat pekerjaanmu yang seharusnya selesai jauh lebih cepat, bisa berkali-kali lipat lebih lama dan kamu tidak akan lagi punya waktu untuk pekerjaan lainnya.

4. Terlalu gampang bilang ya
Menolak ajakan teman, saudara atau siapapun memang bukan hal yang mudah, namun, kamu memang harus tahu prioritas utama dalam kehidupanmu, jangan takut untuk menolak hal-hal yang sebetulnya tidak perlu, terlebih bila kamu sudah di kejar-kejar deadline.

5. Selalu mencari waktu yang tepat buat mengerjakan sesuatu
Sebetulnya tidak akan pernah ada waktu yang tepat untuk kita, kapan harus memulai atau menghentikan sesuatu, kamu tidak pernah tahu kapan umur kita akan berakhir, bukan?
jadi hematnya, jika kamu bisa melakukannya sekarang, lakukanlah sekarang juga. Jangan menunda dan membuat alasan lainnya datang.

6. Terlalu banyak mengkhayal
Membayangkan semua impian tercapai memang hal yang paling menyenangkan, tapi jangan sampai kamu terlalu sibuk berkhayal, hingga kamu melupakan kehidupan nyata yang seharusnya kamu kejar agar khayalan itu bisa terwujud.

7. Tidak punya to do list
Ternyata memiliki catatan khusus untuk menuliskan apa saja yang akan kamu lakukan setiap harinya, adalah hal yang penting dan tidak boleh kamu lupakan, manusia itu mudah lupa, terlebih bila kamu sudah disibukkan dengan banyak hal. Hingga akhirnya ada hal-hal yang mungkin kamu anggap sepele hingga akhirnya terlupakan begitu saja, mungkin saja itu adalah hal sepele bagimu, tapi tidak bagi orang lain, jadi mulai sekarang, tetap miliki catatan to do list ya!

Nah, itu dia 7 sifat yang wajib kamu hindari jika kamu ingin jauh lebih produktif lagi.
Selamat mencoba ya!

dok.mahirkomunikasi.com (Nida Syauqiyah, Young CEO Indscriptcreative)


#Indblack
#Indscriptwriting
#Indscriptcreative

Lita Widi H
Hey! Welcome to My Blog

Related Posts

Post a Comment