Mau Cantik Alami? Yuk, Manfaatkan Hebatnya Cuka Apel

1 comment
Dok.pexels.com

Tidak pernah bosan bicara tentang hebatnya cuka apel, karena memang banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dari cairan hasil fermentasi buah apel ini. Untuk kesehatan jelas pastinya, sementara untuk kecantikan? Banyak juga, lho!

Memang cuka apel tidak mengandung banyak vitamin dan mineral namun dari satu sendok makan cuka apel ternyata hanya mengandung 3 kalori saja dan sangat baik dikonsumsi terutama bagi yang tertarik untuk menurunkan berat badan.
Cuka apel juga dikenal sebagai antioksidan yang baik bagi tubuh belum lagi kandungan asam asetat yang terdapat didalamnya yang juga merupakan antimikroba yang baik untuk pencernaan.
So, apa saja sih yang bisa kita lakukan dengan cuka apel yang berhubungan dengan kecantikan. Simak, yuk!

Pembersih wajah

Memang bau yang menyengat pada cuka apel mungkin menjadi masalah bagi sebagian orang, namun dengan mengganti sabun pencuci wajah dengan cuka apel dipercaya bisa memberikan sensasi dan manfaat yang sangat baik bagi kulit wajah, lho!
Untuk percobaan awal dan mengecek apakah alergi atau tidaknya, bisa dicoba dengan mengoleskannya pada bagian kulit lainnya seperti tangan. Lihat dulu reaksinya beberapa saat. Jika semuanya aman, maka coba terapkan pada wajah.
Sebelum menggunakannya, campurkan dulu cuka apel dengan air bersih dengan perbandingan 50:50.
Cuci wajah setiap hari dengan cuka apel akan membantu mengurangi noda hitam, jerawat, mengurangi garis halus, dan mampu menjadi detoks untuk menghilangkan racun pada wajah yang kerap terpapar kosmetik.

Masker

Kandungan asam lainnya yang terdapat pada cuka apel adalah asam hidroksi yang mampu membantu meregenerasi kulit dengan lebih cepat. Sifatnya yang juga mengandung antibakteri bisa dimanfaatkan sebagai pembasmi bakteri penyebab timbulnya jerawat.
Jadikan cuka apel sebagai masker wajah, caranya: campurkan 1 sendok makan cuka apel dengan 2 sendok air, kemudian celupkan kapas dan letakkan pada wajah yang telah dicuci bersih. Biarkan hingga kapas mengering kemudian bilas wajah dengan menggunakan air hangat, tepuk wajah menggunakan ujung jari dengan perlahan saat membilasnya.
Begitu juga saat terlihat jerawat muncul. Biarkan kapas yang telah dicelupkan pada campuran cuka apel dan air pada titik terdapatnya jerawat. Ulangi beberapa kali dalam sehari dan lihat hasilnya.
Penyegar wajah

Cuka apel juga baik untuk semua jenis kulit dan mampu membantu menjaga kadar pH dari kulit wajah.
Jika sering berada diluar ruangan dan merasa kulit wajah kering, bisa juga lho memanfaatkan cuka apel sebagai penyegar.
Caranya: campurkan cuka apel dengan air bersih, perbandingannya adalah 1:2. Kemudian masukkan campuran tadi ke dalam botol spray yang bersih. Semprotkan kapan saja pada wajah terutama jika saat wajah memerlukan kelembaban.

Nah, sudah tahu manfaat dari cuka apel kan sekarang. Jadi mulai hari ini sudah bisa ya berteman baik dengan jenis cuka yang satu ini. Selain baik untuk wajah dan kesehatan, cuka apel juga bisa digunakan untuk campuran masakan, lho!
Wah, sejuta manfaat ya!

#estrilookcommunity
#tantanganmenulisestrilook
#Day3




Lita Widi H
Hey! Welcome to My Blog

Related Posts

1 comment

Post a Comment