Cicilan Emas di Koperasi Hartanah Bebas Biaya Administrasi

Post a Comment
cicilan emas di Koperasi Hartanah bebas biaya administrasi
logam mulia
Emas. Mendengar kata ini, kita semua tahu benar, kalau emas adalah benda berharga yang mahal. 

Per hari ini tulisan tayang, 25 Februari 2023 harga emas satu gramnya Rp1.012.000. Wow banget, ya,  padahal beberapa tahun yang lalu, harganya masih dikisaran ratusan ribu rupiah saja. Bisa kamu bayangkan, beberapa tahun ke depan harga emas pasti sudah enggak diangka ini lagi.

Jadi, sebelum menyesal dan makin enggak terbeli logam-logam berharga itu, baiknya memang kita memutuskan untuk segera mengoleksinya. 

O, iya, yang aku singgung di sini emas batang, ya, bukan dalam bentuk perhiasan. Kebetulan aku juga memang enggak terlalu suka dengan perhiasan, jadi kalau ada rezeki buat beli emas, pilihannya akan jatuh ke logam mulia. 

Ada kelebihannya juga, loh, kenapa aku lebih milih logam mulia alias LM ini, salah satunya bebas biaya pembuatan yang biasanya dibebankan pada emas perhiasan. Jumlahnya juga enggak main-main, bisa 15% sampai 20%. Lumayan banget 'kan? 

LM yang aku punya biasanya disimpan di rumah. Meski suka deg-degan kalau ditinggal pergi, tapi setidaknya aku sudah berusaha untuk menyimpannya di tempat yang benar-benar aman dan tidak mencolok. 

Aku sendiri beli LM biasanya tunai dan baru berencana pengin beli, tapi dengan cara dicicil. Setidaknya dengan cara ini, enggak bikin aku syok, begitu lihat saldo di rekening tiba-tiba berkurangnya banyak, hahaha ...

Sebetulnya ada banyak tempat yang bisa kita pilih sebagai tempat mencicil emas, tapi, baiknya kalau mau beli, pastikan memang tempat tersebut benar-benar tepercaya dan direkomendasikan, ya.  

Nah, buat kamu yang sedang berencana untuk melakukan cicilan emas kayak aku, baiknya lanjut baca tulisan ini sampai tuntas, ya. Soalnya aku juga bakal sharing gimana caranya bisa mendapatkan emas, tapi dengan cara dicicil di tempat yang bakal dipilih.

Cicilan Emas adalah Langkah Kecil Memulai Investasi

Banyak orang yang memutuskan untuk memilih emas sebagai investasi jangka panjang. Sayangnya, enggak semua orang juga bisa melakukannya karena kerap kehabisan dana, penyebabnya adalah tidak bisa mengelolanya dengan baik. 

Memang tidak dimungkiri mengatur keuangan bukan perkara mudah, bahkan untuk mereka yang telah dewasa sekalipun, termasuk aku. Salah satu penyebabnya adalah tidak terbiasa melakukannya sejak kecil.

Mengelola keuangan memang baiknya dikenalkan sejak anak-anak, setidaknya saat menginjak usia remaja. Biasanya di usia itu, kan, mereka sudah diberi uang jajan. Mengenalkan bagaimana cara mengelola uang jajan dengan baik, nyatanya bisa menjadi pengalaman berharga ketika dia berhadapan dengan uang yang jumlahnya lebih besar lagi, lo. 

Enggak cuma itu, dengan mengelola uang jajannya sendiri, dia pun akan belajar bertanggung jawab. Terus gimana, dong, dengan mereka yang terlanjur kesulitan mengelola keuangannya? Meski sudah dewasa atau bahkan berumah tangga, padahal mengabaikan kebiasaan mengelola keuangan ternyata bisa mengakibatkan risiko finansial di masa depan. 

Duh, berasa nampar diri sendiri, nih. Jujur. Karena aku juga masih terus belajar mengelola yang satu ini. Jadi kita sama-sama belajar, ya, dan aku punya beberapa tip yang bisa dilakukan supaya bisa mengelola keuangan. 

1. Punya Tujuan dan Rencana Keuangan yang Jelas

Pastikan kamu punya tujuan dan rencana keuangan yang jelas. Tujuannya, supaya kamu bisa lebih mudah menentukan apa yang akan dilakukan dengan uang tersebut. Kamu juga bisa membagi sesuai dengan kebutuhan atau mengikuti cara yang dilakukan oleh perencana keuangan. Baca di sini.

Misalnya, 50% untuk biaya hidup, 20% untuk tabungan, investasi, dan asuransi, 30% lagi bisa digunakan untuk keinginan. Atau kamu juga bisa mengaturnya, seperti ini, 10% untuk sedekah atau kebaikan lainnya, 20% untuk investasi dan asuransi, 30% untuk manajemen utang, dan 40% untuk biaya hidup. Pilih mana yang paling memungkinkan. 

2. Cek Saldo di Rekening secara Berkala

Cek uang yang ada di rekening bank dengan rutin, kebiasaan ini juga dipercaya bisa memengaruhi usaha kamu dalam mengatur keuangan. Setidaknya dengan mengeceknya secara berkala, kamu bisa mengetahui berapa uang yang tersisa sehingga bisa lebih berhati-hati menggunakannya. 

Baiknya kamu juga tidak menggunakan uang tabungan yang memang sudah disisihkan sebelumnya, kecuali dalam keadaan mendesak. 

3. Say No to Utang

Ya, kemudahan mendapatkan pinjaman utang membuat siapa pun tergiur. Enggak cuma itu, tawaran membayar nanti alias Pay Later juga enggak kalah menggodanya, alhasil enggak sedikit teman yang akhirnya memilih menggunakan tawaran ini, padahal, ini sama aja konsepnya dengan berutang. Jadi, tetap harus kamu bayar dan lunasi.

4. Punya Dana Darurat

Semua orang maunya hidup aman-aman saja, tenteram, dan sejahtera, tetapi, kita juga enggak pernah tahu apa yang terjadi ke depannya. Bisa jadi, musibah atau kemalangan menimpa, meski tidak diinginkan. 

Jadi, baiknya kita memiliki dana darurat. Untuk total dana darurat ini jelas akan berbeda dari masing-masing orang dan tergantung pada banyaknya pengeluaran serta jumlah tanggungan. 

Jumlah dana darurat untuk kamu yang belum menikah, biasanya enam kali total pengeluaran dalam satu bulan. Sementara untuk yang sudah berkeluarga, baik sudah memiliki tanggungan maupun belum, jumlah dana darurat yang dimiliki adalah dari 12 kali total pengeluaran dalam satu bulan. 

5. Investasi
Cara mengelola keuangan yang terakhir adalah investasi dan mulailah menabung. Sisihkan uang di awal kamu menerima untuk melakukan keduanya. 

Oiya, kalau nabung uang, pastikan kamu enggak tergoda untuk mengambilnya, ya. Tabung dan lupakan. Hahaha, buat yang kadang enggak tahan godaan lihat saldo tabungan, memang bakal susah. Makanya, daripada uangnya mengendap di rekening bank terus tergerus biaya administrasi setiap bulannya, mending dialihkan ke investasi saja. 

Investasi apa saja yang bisa kamu pilih? Banyak, seperti deposito, saham, reksa dana, properti, dan emas tentunya. Kamu bisa kok, pilih investasi mana yang paling menguntungkan, tapi emas cenderung yang paling mudah. Beli dan simpan. Sementara investasi lainnya, buatku sepertinya memang bakal membutuhkan waktu untuk mempelajarinya, jadi selain emas, yang lainnya di-skip

Membeli emas dalam jumlah besar bisa dilakukan siapa saja, tetapi untuk yang uangnya masih terbatas, bisa, kok, punya emas dengan cara dicicil. Cicilan emas pegadaian juga menawarkan proses ini atau mencicil emas di tempat lainnya yang mungkin lebih dekat dengan tempat tinggalmu juga bisa jadi pilihan.

Mencicil Emas dan Kenapa Emas, Sih?

Dilansir dari islam.nu.or.id, mencicil emas itu diperbolehkan, lo. Jadi, kamu enggak musti punya uang jutaan atau puluhan juta rupiah dulu, baru bisa beli emas. Dengan uang yang kamu anggap receh sekalipun, bisa digunakan untuk memulai investasi cicilan emas dan tempat tepercaya.

Nah, begitu tahu kalau emas ternyata bisa dicicil, di situlah aku baru melek. Hahaha, iya, ke mana saja, sih, aku selama ini. Nabung sekian lama, biar bisa beli LM, terus limbung liat saldo yang terasa terkuras. Eh, sekarang dimudahkan beli LM dengan cara dicicil. Bikin ngiler, nggak, sih? Kalau aku, sih, iya, banget. 
Tapi tunggu. Sebenernya kamu tahu enggak, sih, kenapa, harus pilih emas? 

Iya, benar. Alasan terbesarnya adalah karena nilai emas yang stabil, bahkan cenderung meningkat dari tahun ke tahunnya. Tapi masih banyak alasan lainnya kenapa emas kerap dipilih sebagai salah instrumen investasi, di antaranya:
  • Emas itu mudah dicairkan atau dikonversikan ke dalam uang. Kalau kita dalam keadaan darurat dan terdesak, emas bisa jadi solusi atas masalah tersebut, di mana pun kita berada, emas bisa dijual lagi. 
  • Emas merupakan investasi yang sangat menguntungkan dalam jangka panjang dan berpotensi memberikan keuntungan yang besar. Ini yang sudah aku singgung sedikit di atas, kalau dulu beli emas harganya ratusan ribu (aku pernah lihat nota beli emas ibuku, yang nilai emas saat itu sekitar Rp60.000 per satu gram-nya), sekarang, harganya sudah lebih dari satu juta. 
  • Investasi emas juga bebas dari pajak, lain halnya jika kamu memilih saham atau sejenisnya. Apalagi kalau kamu simpan sendiri di rumah. Emas kamu enggak akan dikenakan biaya pemeliharaan apa pun.
  • Ini alasan menarik lainnya, yang bisa dijadikan catatan penting. Investasi emas bisa dimulai dengan dana yang kecil. Iya, lo, kamu sudah bisa punya logam mulia dari jumlah yang paling kecil sekalipun. Logam emas dijual mulai dari yang terkecil, yaitu, 0,05gram yang harganya kurang dari Rp100.000. 
Udah baca kan, kenapa emas segitu berharganya, enggak cuma karena harganya saja. Alasan-alasan di ataslah kenapa aku lebih suka beli emas, dibandingkan dengan investasi jenis lainnya. 

Mari Menimbang Bersama

Ngomong-ngomong tentang cicilan emas. Ini yang bakal aku bahas sekarang. 
Membeli emas dengan cara dicicil, biasanya akan dikenakan biaya administrasi. Sebetulnya, enggak cuma emas, sih, beli barang lain dengan cara dicicil juga akan dikenakan biaya ini. Pertimbangan pertama itu, ya. Biaya administrasi. 

Pertimbangan kedua adalah uang muka. Besaran uang muka cicilan akan berbeda, sesuai dengan kebijakan masing-masing perusahaan. Tapi seengaknya, kamu harus menyiapkan sekitar 15% - 20% untuk uang muka ini. 

Buat yang enggak punya 15% ini pasti jadi penghalang juga buat mulai mencicil. Ini alasan kedua kenapa aku juga menahan diri untuk enggak mencicil. 
Biaya administrasi dan uang muka jadi alasan yang juga harus kamu pertimbangkan. Kalau merasa berat, ya, sudah, batalkan saja mencicilnya, tapi kalau masih dirasa aman, kamu bisa lanjutkan. 

Kalau aku, sampai sini, stop dulu, deh. Kita cari perusahaan yang enggak kasih dua beban itu. Memangnya ada? ADA. 

Jadi melek, kan? Iya, ada kok perusahaan yang bisa bantu kita punya LM tanpa harus memikirkan uang muka dan biaya bulanan yang harus ditanggung, selama mencicil. Trus perusahaan apa? 

Yuk, Mencicil Emas di Koperasi Hartanah, Kenali Juga Kelebihannya

Ini jawabannya. Koperasi Hartanah. 

Koperasi Hartanah memudahkan kita untuk memiliki LM tanpa dibebani dua syarat di atas, yaitu uang muka dan biaya administrasi. Menarik, banget, ya. 

O, iya, mencicil emas ini juga bisa dilakukan oleh semua orang, ya, termasuk kamu generasi milenial yang memang sudah atau baru mau belajar berinvestasi. 

Ini kelebihan-kelebihan yang didapat kalau mencicil emas di Koperasi Hartanah:
  1.  Gratis biaya administrasi.
  2.  Gratis biaya simpan.
  3.  Tanpa uang muka.
  4.  Cicilan flat.
  5.  Gratis biaya ongkos pengiriman emas, apabila cicilannya sudah lunas.
  6.  Pilihan emas yang disediakan, 2 gram, 3 gram, 5 gram, 10 gram, dan 25 gram.
  7.  Masa periode cicilan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan.
  8.  Logam mulia bersertifikat Antam.

Tahapan Melakukan Cicilan Emas di Koperasi Hartanah

Terus kalau mau memulai cicilan emas Antam di Koperasi Hartanah, gimana caranya, sih? Ternyata enggak susah, kok. Kamu cuma perlu daftar jadi anggota, mengirimkan sejumlah data penting, dan kamu bisa mulai bertransaksi. 

Ini detail tahapannya, ya!
1. Harga emas Koperasi Hartanah akan dibagikan setiap hari. Jadi, kamu bisa menentukan kapan akan mulai mencicil emas. 
2. Jika tertarik dan setuju dengan harga yang ditawarkan, kamu bisa mendaftar menjadi anggota Koperasi Hartanah, caranya dengan mengirimkan salinan KTP, NPWP, buku tabungan, email, nomor handphone pribadi dan ahli waris.
3. Melakukan pembayaran cicilan pertama ke rekening penempatan dana koperasi.
4. Koperasi akan mengirimkan konfirmasi mengenai penempatan dana. 
5. Koperasi akan membuatkan kontrak cicilan emas, kemudian dokumen berbentuk soft file-nya akan dikirim melalui e-mail yang sudah didaftarkan sebelumnya untuk ditandatangani. 
6. Customer service Koperasi Hartanah (Hana) akan mengirimkan reminder setiap bulannya melalui WhatsApp, terkait tanggal jatuh tempo pembayaran cicilan emas, biasanya H-2.
7. Emas logam mulia yang kamu cicil dan sudah lunas akan dikirimkan ke alamat terdaftar, disertai dengan surat serah terima tanpa dikenai biaya apa pun lagi. 
Untuk detail informasi, kamu bisa langsung colek Hana (admin Koperasi Hartanah) di: https:bit.ly/hubungihana. 

Mencicil emas di Koperasi Hartanah ini bisa dilakukan secara online dan offline, ya. Kamu bisa memilih cara mana yang paling memudahkan. Kalau aku? Jelas bakal pilih online, terlebih lokasi Koperasi Hartanah dan aku ada di kota yang berbeda.

Nanti, setelah cicilan emas selesai dilunasi, baru, deh, LM dikirim ke alamat yang sudah disetujui di awal kontrak. Karena enggak ada biaya pengiriman, jadi kamu bebas khawatir akan dibebani biaya lainnya. 

Duh, rasanya udah makin mudah saja, ya punya emas. Belum lagi di Koperasi Hartanah ini, cicilan emas bisa dimulai dari Rp15.000 per harinya. Ringan banget, ya. 

Karena kamu sudah tahu di mana aku bakal cicil emas, izin akhiri tulisan ini, ya. Mau lanjut transaksi di Koperasi Hartanah. Terima kasih sudah berkenan membaca. Semoga memberikan pencerahan, ya. See You!

#mata


sumber: https://islam.nu.or.id/ekonomi-syariah/bolehkah-membeli-emas-dengan-cara-mengangsur-k5lpm





Lita Widi H
Hey! Welcome to My Blog

Related Posts

Post a Comment